Polisi Buka Suara soal Pelat Nomor Mobil Rachel Vennya

Selebgram Rachel Vennya rampung diperiksa polisi.
Sumber :

VIVA – Nama Rachel Vennya beberapa hari belakangan ini jadi sorotan, usai dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024

Perempuan yang berprofesi sebagai selebgram itu dikabarkan kabur, saat sedang menjalani proses karantina di Wisma Atlet, Jakarta Utara. Rachel kemudian diperiksa oleh kepolisian, terkait kasus itu.

Pada Kamis siang kemarin, ia datang ke Polda Metro Jaya untuk menjalani proses pemeriksaan. Setelah selesai, Rachel kemudian memberikan pernyataan pada awak media lalu pergi meninggalkan lokasi menggunakan Toyota Alphard dengan huruf RFS pada pelat nomornya.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Rachel Vennya Diperiksa Polda Metro Jaya

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kode tiga huruf itu menunjukkan bahwa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB yang digunakan adalah pelat nomor khusus yang dikeluarkan oleh Polri, sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 3 tahun 2012.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Pol Taslim Chairuddin mengatakan bahwa pelat nomor RFS merupakan TNKB yang sifatnya khusus dan rahasia.

“Pihak mana yang akan diberikan, tergantung dari kebijakan daerah. Biasanya sesuai prosedur, harus ada rekomendasi dari Intelijen Keamanan serta Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat untuk aparatur,” ujarnya saat dihubungi VIVA Otomotif Jumat 22 Oktober 2021.

Pada Perkap nomor 3 tahun 2012, disebutkan bahwa masa berlaku untuk STNK dan TNKB rahasia hanya satu tahun saja namun bisa diperbarui kembali.

STNK dan TNKB rahasia digunakan oleh petugas intelijen dan penyidik Polri, sementara STNK dan TNKB khusus dipasang di kendaraan bermotor dinas yang digunakan oleh pejabat pemerintah.

Tujuan dari dikeluarkannya aturan itu adalah untuk mendukung kepentingan pengamanan pejabat tertentu dan atau pelaksanaan tugas operasional intelijen serta penyelidikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya