Data Suzuki Indonesia Coba Diretas hingga Berhenti Produksi

Produksi mobil offroad mungil Suzuki Jimny di pabrik Kosai Plant di Jepang
Produksi mobil offroad mungil Suzuki Jimny di pabrik Kosai Plant di Jepang
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dilaporkan dapat serangan dari hacker untuk mengambil data internal perusahaan. Peretasan melalui akses ilegal ke jaringan perusahaan.

Dampak dari peretasan tersebut, sebagian sistem produksi yang berhenti sehingga menyebabkan terhentinya produksi di pabrik mobil Suzuki selama dua hari kerja. Namun, saat ini kondisinya sudah pulih lagi.

Selain itu, karena telah terjadi juga percobaan akses ilegal ke server Suzuki yang menyimpan informasi konsumen, Suzuki Indonesia akan melanjutkan investigasi secara detail. Suzuki menyampaikan saat ini belum dapat memastikan terkait adanya kebocoran informasi konsumen.

Bengkel Suzuki
Photo :
  • Dokumentasi Suzuki Indomobil Sales (SIS)

Bengkel Suzuki

“Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada konsumen serta pihak terkait lainnya karena hal ini berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran,” kata Presiden Direktur PT SIM/SIS, Shingo Sezaki.

“Namun, kami telah dan akan terus memperkuat langkah-langkah terkait pengamanan data dan informasi konsumen di PT SIM/SIS,” lanjutnya dalam keterangan resmi, Jumat 22 Oktober 2021.