Harga Mobil BMW Semakin Terjangkau

BMW 520i M Sport
BMW 520i M Sport
Sumber :
  • Astra BMW

VIVA – BMW dikenal sebagai salah satu produsen otomotif asal Jerman, yang memiliki deretan produk mobil mewah. Harga untuk model yang paling rendahnya saja mencapai Rp799 juta off the road alias belum termasuk pajak.

Model yang dimaksud adalah BMW 320i Dynamic, yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Sementara untuk bisa memiliki Seri 5, siapkan dana minimal Rp1,1 miliar juga belum termasuk pajak.

Namun mulai 16 Oktober kemarin, BMW Group Indonesia menyesuaikan harga jual untuk beberapa mobil yang dipasarkan di Tanah Air. Hal itu terkait mulai berlakunya aturan baru pajak barang mewah atau PPnBM, yang dihitung dari gas buang.

Dalam Peraturan Pemerintah nomor 73 tahun 2019 yang kemudian direvisi menjadi PP nomor 74 tahun 2021, disebutkan bahwa penghitungan PPnBM kini berdasarkan emisi karbon yang dihasilkan oleh mesin.

Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania mengatakan bahwa saat ini ada dua mobil andalan mereka yang harga jualnya semakin kompetitif berkat pajak karbon tersebut.

Acara BMW Group Experience di Senayan Park, Jakarta.
Photo :
  • Dok: BMW Group Indonesia

Acara BMW Group Experience di Senayan Park, Jakarta.

“Berkaitan dengan pajak berdasarkan emisi, untuk BMW 330i itu turun Rp80 juta, sedangkan BMW 520i turun Rp90 juta,” ujarnya saat ditemui VIVA Otomotif di Jakarta, dikutip Sabtu 23 Oktober 2021.