Gak Kalah Mewah dari All New Avanza, Begini Wujud Xenia Baru?

All New Daihatsu Xenia (desain digital)
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Toyota dan Daihatsu adalah brand mobil aliansi yang selalu kompak saat meluncurkan produk terbaru mereka. Salah satunya Avanza dan Xenia yang terjun ke pasar MPV atau Multi Purpose Vehicle kelas bawah sejak 2004 silam.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Kedua mobil Low MPV buatan lokal itu hingga kini sudah memasuki generasi kedua. Perubahan besar-besaran terjadi pada 2011, artinya sudah sekitar 10 tahun Avanza, dan Xenia dengan platform lama masih dijual dipasaran.

Maka tidak heran jika rumor model terbarunya belakangan ini menjadi bahan perbincangan. Sebelum resmi diluncurkan, wujud utuh All New Avanza lebih dulu kepergok kamera, sedangkan Xenia baru masih menjadi rahasia.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

All New Daihatsu Xenia (desain digital)

Photo :
  • Screenshoot Instagram

Namun melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 tahun 2021, terdapat delapan varian All New Daihatsu Xenia dengan kode W100RG, bermesin 1.300cc, dan 1.500cc transmisi CVT (Countiniuosly Variable Transmission).

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Harga dasarnya mulai dari Rp135 juta untuk tipe 1.3 M manual dengan kode W100RG-LMDFJ sampai Rp172 juta tipe 1.5 R CVT ASA berkode W100RG-LBRFJ. Berkaca dari varian yang sudah didaftarkan, artinya Xenia baru lebih canggih.

Bukan hanya dari transmisi matiknya, namun Low MPV tersebut sudah dibekali teknologi keamanan dan keselematan paling terbaru yang disebut Advanced Safety Assist atau ASA. Sebelumnya Rocky, Move, Tanto, Cast atau Taft sudah memilikinya.

Di dalam ASA bersarang fitur canggih, diantaranya Pre Collision Brake untuk mencegah benturan atau tabrakan dari depan dengan mengaktifikan pengereman darurat, Land Departure Warning untuk menjaga mobil tetap di lajur.

Bagi konsumen yang penasaran dengan bentuk Xenia baru, salah satu warganet telah membuat desain digital atau rendering Low MPV berlogo D tersebut yang agak menyerupai All New Avanza namun dengan beberapa perbedaan.

Dari penelusuran VIVA Otomotif, Senin 25 Oktober 2021, gambar digital karya kolaborasi akun Instagram @malvinsetiawan dan @rafimuamar40 itu berhasil menyedot perhatian di media sosial. Mereka cukup rapi menyederhanakan Xenia baru yang hingga kini masih menjadi misteri.

Wajahnya menjadi lebih elegan dengan grille trapesium cukup besar, lampu utamanya yang sipit serupa dengan Rocky sudah didukung LED. Area lampu kabut atau bumper sisi kanan, dan kiri dibuat agak kaku dengan garis L terbalik.

Diberikan diffuser pada bagian bawah bumper depan, atau belakang. Sekilas tampilannya mirip kawin silang Daihatsu Rocky dan Terios. Pada bodi sampingnya agak mirip dengan mobil purwarupanya pada 2018, yaitu DN Multisix.

Pada sektor belakang lampu pengereman dibuat menyatu dengan reflektor memanjang serupa dengan saudara kandungnya Avanza Veloz tipe Q yang wujud utuhnya sudah terciduk. Sementara pada kaca belakang, dan spoilernya mirip Terios.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya