Sudah Ada di Indonesia, Rival Honda Brio Pakai Fitur Canggih

Daihatsu Sirion baru dengan perubahan pada bagian ektsterior dan interiornnya.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Meski mobil yang masuk dalam kategori multi purpose vehicle atau MPV begitu diminati di Indonesia, namun bukan berarti model lain tidak ada peminatnya.

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Seperti kendaraan yang ada di dalam segmen sport utility vehicle atau SUV, jumlah peminatnya terus bertambah dan diprediksi bakal terus jadi tren di tahun depan.

Kemudian ada city car serta kendaraan yang berada di golongan low cost green car atau LCGC. Tahun lalu Honda Brio yang tersedia dalam dua model itu, menjadi mobil paling laris di Tanah Air.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Salah satu pesaing Honda Brio di kelas city car, yakni Daihatsu Sirion. Mobil mungil tersebut didatangkan dari Malaysia, oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Tampilan belakang Sirion baru

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali
Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

Daihatsu Sirion yang saat ini dijual di Indonesia adalah versi facelift dari generasi ketiga, yang dihadirkan pada tahun lalu. Model ini pertama kali dipasarkan di Tanah Air pada 2007.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021, diketahui bahwa Daihatsu sedang menyiapkan generasi ke-4 dari mobil berkapasitas lima orang itu.

Daihatsu Sirion Baru Bertabur Fitur Canggih

Pada Permendagri tersebut, tercantum kode M804RS yang biasa digunakan oleh Daihatsu Sirion. Perbedaan dari model yang ada saat ini, ada di bagian transmisi otomatis yang sudah menggunakan teknologi continuously variable transmission atau CVT.

Hadir dalam dua tipe, NJKB yang tertera untuk Daihatsu Sirion baru adalah sebesar Rp156 juta untuk tipe 1.3X, dan Rp163 juta untuk tipe 1.3R. Adanya angka tersebut menunjukkan, bahwa unit telah ada di Indonesia untuk melewati proses uji tipe.

Dilansir dari Paultan, bocoran informasi Perodua Myvi yang merupakan kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia menunjukkan bahwa transmisi matik yang dipasang adalah Dual Mode atau D-CVT, sama seperti yang dipakai di Daihatsu Rocky.

Teknologi lain yang tidak kalah canggih adalah penyematan Advanced Safety Assist atau ASA versi 3.0. Fasilitas ini membantu pengemudi terhindar dari kecelakaan, melalui fitur rem otomatis serta pencegah kendaraan keluar lajur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya