Gak Nyangka, Ternyata Ini Arti Nama Avanza Veloz dan Xenia

All New Toyota Avanza Veloz
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Mobil Low MPV atau Multi Purpose Vehicle menjadi salah satu penyumbang terbesar penjualan mobil secara nasional. Sejumlah produsen menawarkan produk sejenis dengan spesifikasi, desain dan harga berbeda-beda.

Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menjadi pemain lama yang meramaikan segmen tersebut. Lahir sejak 2003 silam, hingga kini mobil yang dapat menampung tujuh penumpang itu sudah mengalami beberapa kali perubahan.

Menurut beberapa sumber yang dikutip Viva Otomotif, Senin 25 Oktober 2021, Avanza-Xenia berubah total pada 2011, mulai dari eksterior, interior, dan fitur-fiturnya ditingkatkan menjadi lebih moderen dari versi awal.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Toyota Avanza

Photo :
  • Toyota

Pada tahun itu Toyota juga pertama kali merilis Veloz, demi melebarkan sayapnya dalam menghadirkan mobil leluarga harga terjangkau dengan desain lebih atraktif, dan mesin bertenaga mengandalkan 1.500cc bensin.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Sedangkan Avanza awalnya hanya ditawarkan mesin 1.300cc, berbeda dengan Xenia yang memberikan pilihan mesin tiga silinder 1.000cc, dan 1.300cc. Soal harga Low MPV Daihatsu selalu dijual lebih murah dari saudara kandungnya.

Namun di tengah ketatnya persaingan, dan kemunculan produk-produk baru dari berbagai brand hanya Avanza Veloz yang bertahan menjadi mobil terlaris di Tanah Air, atau menjadi tulang punggung Toyota selama kurang lebih 18 tahun.

Sekilas terkait sejarahnya, ternyata Avanza diciptakan untuk merangkul konsumen Kijang yang sempat hilang. Seperti yang disampaikan Marketing Direktur PT Toyata Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy baru-baru ini.

New Toyota Avanza Veloz 2019

Photo :
  • VIVA/Jeffry Yanto

Anton menyebut, pada krisis moneter 1998 harga Kijang melejit hingga tiga kali lipat sehingga beberapa konsumen yang seharusnya mampu membeli mobil tujuh penumpang itu akhirnya angkat tangan, dan mencari produk lain.

“Jadi Avanza itu di desain sebenarnya untuk mengambil segmen itu,” ujarnya.

Sampai saat ini Avanza atau Xenia yang beredar di pasar Indonesia masih generasi kedua setelah versi All New-nya hadir pada 10 tahun silam. Maka tidak heran jika kabar generasi terbarunya menjadi bahan perbincangan publik.

Terlebih daftar varian Avanza-Xenia baru sudah muncul di Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor. Bahkan wujud utuh Avanza baru kepergok kamera.

Mengingat sedang menjadi sorotan, sebagian penasaran dengan arti nama kedua produk tersebut yang kini dijuluki mobil sejuta umat. Berdasarkan data yang diolah dari beberapa sumber, Avanza berasal dari Bahasa Italia, yaitu Avazanto atau kemajuan, dan bisa juga disebut peningkatan.

Daihatsu Grand New Xenia 2019

Photo :
  • VIVA.co.id/ Purna Karyanto

Kemudian Veloz sebagai varian tertingginya diambil dari Bahasa Inggris, yaitu Velocity atau kecepatan, lalu Xenia artinya tamu atau orang asing menurut Bahasa Yunani yang disebut Xenos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya