Siap Jegal Kijang Innova, Mobil Mewah Ini Mendarat di GIIAS 2021

Kia Grand Carnival 2021
Sumber :

VIVA – Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle kelas menengah diramaikan oleh beberapa brand. Namun Toyota Kijang Innova sampai saat ini masih menjadi model terlaris, dibandingkan pesaingnya dengan spesifikasi serupa.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Salah satu produsen yang memiliki produk sebagai pesaing Kijang Innova adalah Kia. Jenama asal Korea Selatan itu mengandalkan Carnival untuk menyaingi sepak terjang MPV legendaris Toyota tersebut di beberapa negara.

Kia Carnival sempat dipasarkan di Tanah Air, namun karena nasibnya kurang beruntung mobil tersebut tidak lagi dijual. Kini melalui PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai produsen barunya, MPV tersebut akan kembali melantai.

Komparasi Toyota Kijang Innova Diesel dan Zenix Hybrid

Pemegang merek mobil asal negeri gingseng tersebut akan meluncurkan versi terbarunya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang pada 11-12 November.

“Kami akan melakukan konfrensi pers tanggal 11 November 2021. Kami akan luncurkan Indonesia Premiere, yaitu Kia Grand Carnival,” ujar Promotion Department Head PT KIA, Ridjal Mulyadi dalam keterangannya dikutip Viva Otomotif, Senin 25 Oktober 2021.

Daftar Mobil Terbaru Kia di Tahun 2024

Sebelumnya melalui Nilai Jual Kendaraan Bermotor atau NJKB DKI Jakarta, mobil MPV calon pesaing Toyota Kijang Innova itu sudah terdaftar. Namun hanya ada satu tipe, yakni Carnival 2.2 AT dengan harga dasar Rp449 juta.

Banderol tersebut belum termask perhitungan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah), BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor), PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), hingga keuntungan atau margin yang diambil perusahaan.

Sehingga harga on the road bisa lebih mahal dari Kijang Innova. Berkaca dari data tersebut, artinya mesin Carnival baru itu berkapasitas 2.200cc turbo diesel empat silinder dengan tenaga 198 daya kuda, dan torsi 440 Newton meter.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kia global, MPV bongosor itu juga memiliki pilihan mesin enam silinder atau V6 bensin 3.500cc yang mampu menyemburkan tenaga 289 dk, dan torsi 355 Nm. Untuk transmisi tersedia matik 8-percepatan.

Carnival atau di Indonesia lebih dikenal Sedona itu memiliki tampilan lebih mewah dan tegas, namun tetap mempertahankan grill Tiger Nose yang menjadi ciri khasnya. Headlamp atau lampu utamanya lebih sipit dengan sumber penerangan LED, dilengkapi DRL (Daytime Running Light) yang mengalir mengikuti garis grill bawah.

Soal ruang kabin tentu lebih luas dari Kijang Innova, pasalnya mobil besutan Kia itu memiliki dimensi panjang lima meter lebih, atau 5.155 mili meter dengan lebar 1.955 mm, dan tinggi 1.740 mm. Jarak poros roda depan ke belakang 3.090 mm, atau lebih panjang 30 mm dari sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya