Insinyur Toyota Bakal Kaget Lihat Bentuk Avanza Jadi Begini

Kawin silang Avanza dan Fortuner
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Mobil yang dijual ke pasar sudah melalui proses studi sebelum akhirnya diproduksi massal. Desainer, atau para insinyur yang bertugas dalam pengembangan produk, berfikir matang sebelum mengambil keputusan.

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Ada banyak faktor yang dipertimbangkan pabrikan sebelum memproduksi mobil baru dalam jumlah banyak. Mulai dari tingkat keamanan, kenyamanan, kemampuan mesin, desain eksterior, interior, hingga teknologinya.

Tujuannya agar produk buatannya diterima baik dipasaran. Meski pada akhirnya ada sebagian pengguna yang tidak menghargai hasil keringat para insinyur, terlebih mereka yang melakukan modifikasi ekstrim.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024

Salah satunya seperti modifikasi hasil kawin silang Toyota Avanza, dan Fortuner yang diunggah akun Instagram @otoproject. Terlihat tampilan depan mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle itu berubah total dari standarnya.

Pemilik mobil Avanza yang tidak diketahui identitasnya itu menempelkan grill, bumper, dan head lamp milik Fortuner. Namun terlihat cukup rapih, karena bumper SUV atau Sport Utility Vehicle itu tampak menyatu dengan fender.

Lampu utama milik Fortuner juga menyatu dengan kap mesin dan bodi samping, seakan-akan foto tersebut seperti editan. Atau memang sang modifikator mahir dalam mengkustom sehingga tidak ada bekas rombakan sedikitpun.

Padahal dimensi bodi kedua mobil Toyota itu memiliki perbedaan. Sementara pada sisi samping, pintu dan pilar masih mempetahankan standar pabrikan, serupa dengan Avanza atau Daihatsu Xenia.

Untuk sektor kaki-kaki menggunakan pelek lansiran aftermarket. Ubahan lain yang mencolok adalah bagian belakang, karena menyematkan bumper Fortunre serta lampu pengereman milik mobil gagah tersebut.

Lagi-lagi tidak ada bekas kustom, sehingga bibir atau pinggir bumper atas tampak menyatu dengan bodi belakang, dan bagasi Avanza. Lampu belakang juga demikian, tampak kawin layiknya aksesoris yang bersifat plug and play.

Diketahui, Avanza merupakan mobil MPV kelas bawah yang diciptakan sejak 2003 silam. Mengandalkan frame model monokok dengan konfigurasi tujuh penumpang. Untuk dapur pacunya dipersenjatai dua pilihan, yakni mesin bensin 1.300cc, dan 1.500cc.

Secara dimensi Avanza memiliki panjang 4.190 mili meter, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Lebih kecil dibandingkan Fortuner yang terlahir sebagai SUV dengan sasis tangga yang memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm.

Sebagai informasi, mobil yang serupa dengan Fortuner adalah Hilux dn Kijang Innova karena dibangung menggunakan satu platform. Dipersenjatai mesin diesel 2.400cc, dan bensin 2.700cc berpenggerak 4x2, dan 4x4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya