50 Tahun Kiprah di Indonesia, TAM Hadirkan Toyota GAZOO Racing

Toyota GAZOO Racing - Dok. Foto TAM.
Sumber :

VIVA – Bagi Toyota, perjalanan panjang selama 50 tahun di Indonesia adalah usaha yang tiada henti demi memenuhi kebutuhan mobilitas, teknologi, serta trend yang beragam dan terus berkembang.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Hasil dari usaha tersebut ditunjukkan Toyota dengan menghadirkan berbagai pilihan kendaraan yang sesuai untuk pelanggan. Setelah berhasil memperkenalkan luxury brand, kini Toyota Astra Motor (TAM) kembali hadirkan brand baru Toyota GAZOO Racing yang membawa spirit motorsport.

Toyota GAZOO Racing hadir sebagai upaya menghadirkan ever-better cars yang menyenangkan untuk dikendarai di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berjiwa sporty.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda menjelaskan bahwa hadirnya Toyota GAZOO Racing menjadi jawaban dalam menghadapi tantangan baru dan berjuang untuk perubahan, dengan visi untuk menciptakan mobil yang sangat menyenangkan untuk dikendarai.

"Kami selalu mencoba untuk menghadapi tantangan baru dan berjuang untuk perubahan, dengan visi untuk menciptakan mobil yang sangat menyenangkan untuk dikendarai. Sebuah mobil yang akan disukai oleh banyak orang selama 100 tahun ke depan. Setelah 6 tahun resmi berdiri dan berkompetisi di berbagai ajang motorsport global, hari ini kami hadirkan Toyota GAZOO Racing untuk masyarakat Indonesia,” jelas Matsuda seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima VIVA.

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Tidak hanya itu, Susumu juga mengatakan hadirnya Toyota GAZOO Racing sekaligus untuk mewujudkan komitmen TAM menghadirkan ever-better cars dengan berpartisipasi aktif di berbagai ajang motorsport dunia.

“Melalui Toyota GAZOO Racing kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan komitmen kami untuk menghadirkan ever-better cars dengan berpartisipasi aktif di berbagai ajang motorsport dunia.” tuturnya.

Toyota GAZOO Racing di Indonesia

Hadirnya brand Toyota GAZOO Racing di Indonesia akan memberikan pilihan line-up yang lebih lengkap, mulai dari sports car hingga sporty car yang dapat menunjang kebutuhan mobilitas pelanggan sehari-hari.

TAM tidak hanya berkomitmen untuk selalu berinovasi menjadi lebih baik untuk terus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang berjiwa sporty, tapi juga terus berpartisi aktif dalam dunia motorsport global dan nasional.

“Kami memahami bahwa masyarakat Indonesia memiliki kebutuhan serta ketertarikan yang lebih terhadap model kendaraan sport dan sporty. Kedepan, kami akan senantiasa berinovasi menjadi semakin baik, tidak hanya di tataran global namun juga di Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Delapan (8) Line-up Toyota GAZOO Racing di Indonesia

Berkomitmen untuk penuhi tingginya minat pelanggan terhadap kendaraan dengan karakter sporty, TAM perluas pilihan lineup Toyota GAZOO Racing dengan memperkenalkan empat (4) model GR Sport sekaligus yaitu Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport dan satu (1) model GR yang dijual dalam jumlah terbatas, yaitu Veloz GR Limited.

Keempat Lineup baru ini muncul setelah lineup lainnya mulai dari sports car GR Supra hingga sporty car Raize GR Sport telah diperkenalkan sebelumnya.

Bersamaan dengan peluncuran brand baru Toyota GAZOO Racing ini, TAM juga secara resmi meluncurkan sports car yang dikembangkan secara langsung dari seri balap dunia WRC, yaitu GR Yaris. Dengan hadirnya GR Yaris, maka secara total terdapat delapan (8) line-up produk Toyota GAZOO Racing di Indonesia.

“Harapannya, line-up Toyota GAZOO Racing yang kami hadirkan di Indonesia dapat menjadi pilihan yang lebih luas bagi pelanggan yang berkarakter sporty,” kata Henry.

GR Yaris: Yang Lahir dari WRC

GR Yaris merupakan produk global yang diproduksi secara terbatas untuk memenuhi syarat homologasi ajang motorsport dunia World Rally Championship (WRC).

GR Yaris dikemas dengan fokus pada aerodinamika, bobot yang ringan dan center of gravity yang rendah. Salah satu yang menonjol adalah pengaplikasian bahan carbon fiber reinforced polymer pada atap GR Yaris yang mampu menghasilkan bobot yang lebih ringan dan menurunkan center of gravity.

GR Yaris dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E- GTS dan dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (full time 4WD) berkode “GR-FOUR” untuk mendukung sensasi berkendara yang menyenangkan di segala situasi.

Kiprah Toyota GAZOO Racing di Ajang Motorsport Dunia

Toyota GAZOO Racing (TGR) secara resmi didirikan pada tahun 2015. Namun sebenarnya jejak langkah TGR sudah dimulai sejak 2007 ketika para karyawan Toyota sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama GAZOO Racing.

Karyawan Toyota yang bergabung sebagai pembalap dan mekanik, termasuk Akio Toyoda sebagai master driver, berjibaku di kerasnya persaingan nonstop selama 24 jam mengandalkan 2 unit Toyota Altezza RS200.

Pada ajang WEC, TGR berhasil meraih FIA World Endurance LMP DRIVERS Championship (2018-2019 & 2019-2020) dan FIA World Endurance LMP1 Championship (2018-2019 & 2019-2020).

Lalu di ajang WRC, TGR mampu meraih kembali gelar World Rally Championship Constructors' Champions (2018) setelah absen cukup lama yang disusul dengan capaian World Rally Championship Drivers' Champions (2019 & 2020).

Dan di ajang Dakar Rally, untuk pertama kalinya TGR berhasil meraih kemenangan secara menyeluruh sehingga dinobatkan sebagai Dakar Rally Winner (2019).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya