Mau Pelat Mobil RFS seperti Rachel Vennya? Ini Syarat dan Harganya

Mobil selebgram Rachel Vennya yang diperiksa terkait penggunaan nomor plat polisi
Mobil selebgram Rachel Vennya yang diperiksa terkait penggunaan nomor plat polisi
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fajri

VIVA – Pelat mobil dengan akhir RFS memang cukup "istimewa" karena kerap dipakai di kendaraan-kendaraan milik pejabat. Terbaru, mobil Toyota Vellfire milik Rachel Vennya yang jadi sorotan karena memakai RFS juga.

Mobil milik selebgram tersebut adalah B 139 RFS. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo sebelumnya menjelaskan, berdasarkan database yang ada, mobil itu merupakan kendaraan milik Rachel.

Tetapi nomor kendaraan yang digunakan itu bukan merupakan kode khusus RFS pada umumnya milik pejabat, karena memiliki tiga angka. Sementara untuk nomor kendaraan khusus merupakan empat angka.

Selebgram Rachel Vennya rampung diperiksa polisi.
Photo :

Selebgram Rachel Vennya rampung diperiksa polisi.

“Jadi kalau dari data base ranmor yang ada di kita B 139 RFS itu memang betul punya Rachel Venya. Itu bukan nomor khusus itu nomor biasa karena tiga angka,” ucap Sambodo dalam keterangannya.

RFS diketahui adalah pelat nomor untuk kendaraan yang dipakai pejabat sipil. Selain RFS ada lagi kode lain yang berawalan RF, misalnya RFQ, RFO, atau RFH yang merujuk kendaraan pejabat tingkatan di bawah eselon II.

Kode lain pada kombinasi RF yaitu RFU berkaitan dengan kendaraan TNI Angkatan Udara, RFL untuk TNI Angkatan Lau, dan kepolisian memakai RFP.