Gagahnya Mobil Menteri Tjahjo yang Dikawal Polisi

Mobil Toyota Crown Royal Saloon milik Menpan RB, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • TikTok @bujang_piknik

VIVA – Sudah sejak lama para pejabat pemerintahan dibekali dengan mobil mewah sebagai kendaraan dinas. Mereknya berbeda-beda, sesuai dengan perkembangan zaman.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Contohnya, zaman dahulu para menteri yang bekerja di era Presiden Soeharto mendapatkan kendaraan dinas Volvo. Lalu kemudian diganti menjadi Toyota Crown Royal Saloon dan Toyota Camry.

Toyota Crown yang merupakan sedan mewah asal Jepang itu sampai saat ini masih terus digunakan, namun sudah berganti generasi agar tetap nyaman dipakai untuk menunjang pekerjaan para menteri yang super sibuk.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Pada 2019 lalu, Kendaraan operasional yang dipakai oleh para menteri selama lima tahun ke depan adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid.

Mobil Para Menteri dan Pimpnan Lembaga Tinggi Negara

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Mengejutkan Harta Berjalan Jenderal Asep Adang Pemilik Pelat TNI Fortuner yang Arogan

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo termasuk yang mendapatkan jatah mobil dinas tersebut. Namun, ia ternyata tidak bisa melupakan Toyota Crown model lama.

Hal itu terlihat dari video di media sosial TikTok. Dikutip VIVA Otomotif dari akun @bujang_piknik, Rabu 27 Oktober 2021, terlihat ada iring-iringan tiga mobil sedang melintas di jalan raya.

Dikawal Polisi
Mobil yang ada di depan adalah Mazda6 milik Korlantas Polri, yang biasa digunakan untuk pengawalan. Kendaraan yang ada di urutan terakhir yaitu Nissan X-Trail, yang juga dibekali pelat polisi dan lampu rotator di bagian atap.

Namun yang paling menarik adalah sedan yang sedang dikawal, yakni Toyota Crown Royal Saloon rakitan dalam negeri dengan pelat nomor RI 43. Tanda Nomor Kendaraan Bermotor itu merupakan kode untuk Menpan RB.

Menurut informasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang ada di Komisi Pemberantasan Korupsi, diketahui Menteri Tjahjo memiliki Toyota Crown Royal Saloon edisi lama.

Model ini sempat diproduksi di Indonesia pada 1989 hingga 2000, sebagai pengganti Toyota Cressida yang juga tidak kalah populer.

Toyota Crown zaman itu tersedia dalam dua tipe, yakni Super Saloon dan Royal Saloon. Mesinnya juga bisa dipilih, 2.000cc dan 3.000cc dengan konfigurasi enam silinder.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya