Mobil Listrik Murah Wuling Berpeluang Diproduksi di Indonesia

Wuling Hongguang Mini EV. Foto: VIVA/Farhan Nurhuda.
Sumber :
  • Farhan Nurhuda/VIVA.co.id

VIVA – Beberapa bulan lalu, pejabat eksekutif di Wuling global, Shao Jie mengatakan, mobil listrik Wuling kemungkinan besar akan diproduksi di Indonesia tahun depan. Kendaraan itu termasuk Hongguang Mini EV dan E100 yang baru-baru ini dikenalkan di negara asalnya.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Kala itu, Shao mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang serius mempercepat peralihan menuju elektrifikasi. Itulah mengapa, mereka dikabarkan turut membantu merancang standar dan kebijakan industri New Energy Vehicle (NEV) lokal.

Lantas, bagaimana Wuling Indonesia merespons pernyataan tersebut? Benarkah pabrik mereka yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat akan dijadikan pusat produksi global untuk kendaraan listrik di masa depan?

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Wuling Hongguang Mini EV.

Photo :
  • Farhan/VIVA.co.id

Media Relations Wuling Indonesia, Brian Gomgom mengatakan, saat ini dia belum bisa bicara banyak mengenai kabar mengejutkan tersebut. Namun, satu yang pasti, pihaknya siap jika nantinya benar-benar ditunjuk sebagai pusat produksi kendaraan listrik.

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

“Kalau misalkan untuk hal itu, kami di Indonesia tengah menyiapkan untuk mobil listriknya. Kita sih pengen juga (memproduksi mobil listrik di Indonesia). Sekarang kita lagi mengenalkan dulu ke konsumen EV-nya Wuling tuh seperti apa,” ujar Gomgom di Pondok Indah, Jakarta Selatan, dikutip VIVA Otomotif, Kamis 27 Oktober 2021.

“Jadi, nanti mohon ditunggu aja, kenyataannya (di masa depan) akan bagaimana,” lanjutnya.

Wuling Hongguang Mini EV.

Photo :
  • Farhan/VIVA.co.id

Diketahui, sejak beberapa bulan terakhir, Wuling memang tengah mengembangkan kendaraan listrik dengan platform GSEV (Global Small Electric Vehicle) untuk pasar di Indonesia. Sehingga, selain Hongguang Mini EV, mereka juga akan menghadirkan mobil listrik berukuran kecil lainnya.

Khusus untuk Hongguang Mini EV, Wuling menjualnya mulai Rp80 jutaan di China. Namun, hingga kini belum diketahui, berapa banderol yang dipatok pabrikan saat masuk ke Indonesia.

“Soal harga kita belum bisa berkomentar juga ya, karena di Indonesia belum dijual produknya, ini masih baru. Namun di China ini sudah menjadi sangat sukses,” kata Product Planning Wuling Indonesia, Danang Wiratmoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya