Harganya Murah! Daihatsu Xenia Baru Punya Kemampuan Mengejutkan

All New Daihatsu Xenia (desain digital)
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Demi meramaikan pasar Low MPV atau Multi Purpose Vehicle, PT Astra Daihatsu Motor akan merilis All New Daihatsu Xenia. Mobil keluarga tujuh penumpang itu diduga mendapatkan perubahan total seperti halnya Avanza baru.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Sebelum dipasarkan Daihatsu Xenia baru ramai menjadi perbincangan, salah satunya soal bocoran harga dasarnya yang lebih murah dari Avanza baru, seperti yang terdaftar di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 tahun 2021.

Dikutip VIVA Otomotif Jumat 29 Oktober 2021, mobil baru berlogo D itu memiliki NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor mulai Rp135 juta untuk tipe 1.3 M manual berkode W100RG-LMDFJ, sampai Rp172 juta untuk tipe 1.5 R CVT ASA yang memiliki kode W100RG-LBRFJ. 

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

All New Daihatsu Xenia (desain digital)

Photo :
  • Screenshoot Instagram

Melalui data dari masing-masing tipe tersebut, artinya Xenia baru menjadi lebih canggih dibandingkan generasi sebelumnya. Terutama transmisi matiknya yang sudah mengadopsi CVT (Continuosly Variable Transmission).

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Bukan hanya itu, Low MPV tersebut juga dibekali teknologi keamanan dan keselematan paling terbaru yang disebut Advanced Safety Assist atau ASA. Untuk pasar Indonesia, peranti baru tersebut awalnya hanya dimiliki Rocky.

Di dalam ASA bersarang fitur canggih yang dapat membantu pengemudi, seperti pre-collision warning, pre-collision braking, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning, dan lane departure prevention.

Masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda namun saling terintegrasi. Untuk pre-collision warning dan pre-collision braking membantu pengemudi melakukan pengereman otomatis secara berkala saat akan terjadi tabrakan dari depan.

Sebelum rem otomatis aktif, terdapat peringatan untuk pengemudi agar menurunkan kecepatan atau melakukan pengereman karena ada potensi benturan di depan. Namun fitur itu bkerja hanya di kecepatan 20-60 kilometer per jam.

Kemudian lane departure warning, dan lane departure prevention akan menjaga mobil tetap di lajur. Setir akan mengkoreksi otomatis, atau memberikan perlawanan saat keluar marka jalan, ditambah adanya peringatan alarm.

Pedal misoperation control, dan front departure alert berguna untuk menghindari insiden yang biasanya terjadi di lahan parkir. Tugas dari fitur tersebut untuk mengamankan pedal gas yang bisa diinjak secara tidak sengaja saat mobil berhenti.

Kalau pun pedal gas tetap diinjak mobil akan mendeteksi objek di depan, sehingga diklaim bisa berhenti tepat waktu sebelum terjadi benturan. Artinya di dalam ASA belum tersedia cruise control tidak seperti Toyota Safety Sense atau TSS di Raize.

Maka tidak heran jika secara harga Rocky bisa lebih terjangkau dari Raize, namun apakah hal itu akan terjadi juga dengan Xenia baru?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya