Mengejutkan Avanza Baru Bisa Melakukan Ini, Canggih Banget!

All New Toyota Avanza Veloz
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Toyota Avanza baru akan segera meluncur di Tanah Air, namun sebelum resmi dirilis sejumlah bocoran All New Avanza tersebar di jagat maya. Salah satunya wujud utuhnya dari sisi eksterior, dan interior yang tertangkap kamera.

Deretan Mobil SUV Murah di IIMS 2024

Bahkan melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, All New Avanza sudah terdaftar dengan kode W100RE, dan W101RE.

All New Toyota Avanza Veloz

Photo :
  • Screenshoot Instagram
Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan Melantai di IIMS 2024, Pesaing Raize dan Rocky

Untuk mesin 1.300cc terdapat dua tipe, harga dasarnya Rp157 juta untuk W100RE-LMDFJ 1.3 E MT, dan Rp168 juta berkode W100RE-LBDFJ 1.3 E CVT. Sedangkan 7 varian lainnya mengadopsi mesin berkapasitas 1.500cc.

Avanza baru mengadopsi transmisi matik jenis CVT (Continuously Variable Transmission) serupa dengan Yaris, atau Raize. Fitur keamanan, dan teknologi untuk mempermudah pengemudi dibekali TSS (Toyota Safety Sense).

Mobil Paling Murah Toyota dan Daihatsu Bakal Pakai Mesin Turbo?

Di dalam TSS bersarang sejumlah fitur canggih untuk mempermudah pengemudi saat berkendara, hingga teknologi keamanan dengan fungsi berbeda-beda. Salah satunya LDP (Lane Departure Assist) untuk menjaga mobil tetap di lajur.

Jika keluar marka jalan, setir akan bergetar sebagai sinyal bahwa pengemudi harus tetap di lajur. Bahkan setir juga akan memberikan perlawanan jika pengemudi memaksakan keluar lajur, atau saat menyalip tanpa menyalakan sein. 

Selain itu ada juga ACC (Adaptive Cruise Control), fungisnya akan mempertahankan laju mobil dalam kecepatan tertentu di jalan bebas hambatan, tanpa perlu menginjak pedal gas. 

Kemudian VSC (Vehicle Stability Control) yang akan membantu pengemudi saat bermanuver untuk menjaga putaran ban agar tidak terjadi selip. Selain itu, HAS (Hill Start Assist) agar mobil tidak merosot saat berhenti ditanjakan. 

Fitur lainnya meliputi BSM (Blind Spot Monitoring) untuk memberitahu pengemudi jika ada objek, atau kendaraan lain yang tidak terlihat, dari sisi kanan, kiri atau belakang melalui indikator yang muncul di kaca spion.

Interior All New Toyota Avanza

Photo :
  • Screenshoot Instagram

Kemudian RCTA (Rear Crossing Traffic Alert) merupakan sejumlah perangkat yang didesain untuk membantu pengemudi mendapatkan informasi tentang objek bergerak di belakang mobil. Sehingga lebih aman saat mundur.

Mengandalkan sensor dan kamera belakang, fitur itu bekerja ketika mobil keluar dari area parkir dalam kondisi mundur, namun tiba-tiba ada objek atau kendaraan tidak terlihat maka secara otomatis mobil berhenti untuk mencegah benturan.

Selain itu di dalam TSS juga terdapat pedal Missoperation Control, Front Departure Alert, Pre Collision System, dan pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Lantas kapan All New Avanza dengan teknologi canggih itu meluncur?

“Sorry, saya kita sekarang belum saatnya kami sampaikan informasi tentang itu. Tapi kami akan sampaikan update kabarnya nanti. Pokoknya menjelang GIIAS 2021,” ujar Marketing Direktur PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy dikutip Viva Otomotif, Sabtu 30 Oktober 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya