3 Penyebab Speedometer Mobil Mati yang Wajib Diketahui

Speedometer Mobil
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Speedometer dalam sebuah kendaraan menjadi salah satu komponen yang wajib ada. Sebab, speedometer menjadi acuan tingkat kecepatan mobil atau motor yang kita kendarai agar tetap terkendali.

Akhir Kasus Viral Perpanjangan STNK Mobil Pikap Rp 5 Juta karena Pelat Nomor Cantik

Jenis dari speedometer ada dua yaitu analog dan juga digital. Jika analog sistemnya memanfaatkan roda gigi dan poros roda, speedometer digital memanfaatkan komputasi pulsa magnetik dan pulser.

Dibandingkan speedometer analog, angka yang ditunjukan pada digital lebih tepat. Hanya saja tingkat kerusakan speedometer digital jauh lebih mudah dibandingkan analog. Penyebab speedometer mobil mati pun dibedakan menjadi berikut ini, seperti dilansir dari Suzuki Indonesia.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 10 Mei 2024

1. Muncul Masalah di Sistem Kelistrikan Mobil

Cara kerja speedometer tidak terpisahkan dari kelistrikan karena hadirnya listrik inilah yang membuat komponen speedometer dapat bekerja.  Rangkaian kabel pada speedometer yang mengalir listrik dan mengalami masalah bisa menjadi penyebab utamanya.

Perkara Nomor Pelat, Pemilik Mobil Pikap Ini Kaget Diminta Bayar Perpanjang STNK Rp 5 Juta

Kerusakan bisa terjadi karena kabel atau soket yang putus dan aliran listrik pun terhenti. Pemeriksaan bagian kabel yang terhubung dengan speedometer harus dicek pertama kali.

Anda bisa mengecek apakah muncul aliran listrik pada kabel tersebut atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya segera ganti dengan kabel yang baru.

2. Panel Speedometer yang Error

Setelah Anda mengecek sistem kelistrikan ternyata tidak mengalami masalah, maka cek panelnya. Kerusakan juga lebih sering terjadi pada bagian panel speedometer ini.

Pada saat panel speedometer rusak ada dua hal yang akan terjadi. Pertama jarum penunjuk atau angka yang muncul mulai terlihat samar. Kedua speedometer akan mati total yang menyebabkan panik.

Kerusakan bisa langsung terjadi jika satu panel saja mulai error yang membuat indikator panel tidak bekerja optimal. Pengecekan bisa dilakukan dengan memanfaatkan scan tool, alat ini sangat bermanfaat untuk mengetahui panel mana yang perlu diganti.

3. Sensor Speedometer Tidak Lagi Bekerja

Sensor yang berada di bagian transmisi inilah yang berperan besar untuk mendeteksi tingkat kecepatan kendaraan. Khusus untuk speedometer digital sensor ini biasanya berjenis optik dengan perawatan mudah.

Hanya saja sensor yang rusak juga bisa menjadi penyebab speedometer mobil mati. Misalnya saja bagian soket menjadi longgar atau transduser yang aus. Akibatnya kecepatan mobil pun tidak dapat diketahui.

Sensor yang rusak juga mempengaruhi nyala lampu check engine menyala pada mobil injeksi. Sedangkan untuk kendaraan yang memanfaatkan rem ABS, sensor ini dipasang justru pada bagian roda mobil.

Jika letaknya di roda mobil, maka ketika rem ABM rusak maka sensor juga mengalami masalah. Anda perlu mengecek bagian rem ABM sekaligus sensor speedometer ini, jika rusak segeralah bawa ke bengkel resmi terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya