Jendral Andika Perkasa Pernah Bagi-bagi Mobil Seharga Miliaran

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa
Sumber :
  • tniad.mil.id

VIVA – Jendral TNI Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI, untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, hal tersebut disampaikan oleh Puan Maharani yang menjabat sebagai Ketua DPR RI, usai menerima surat dari presiden yang berisi pengajuan nama calon Panglima TNI.

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Selain itu, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI. “Panglima harus Kepala Staf,” kata Pratikno.

Menurut dia, tidak masalah bila Andika hanya menjabat Panglima TNI selama satu tahun saja. Sebab, Andika memang akan masuk masa pensiun akhir 2022.

Sosok Jenderal Bintang 1 Kowad, Orang Kepercayaan KSAD Maruli Simanjuntak

Selama menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat(KSAD), Jendral Andika Perkasa pernah memberikan anak buahnya kendaraan dinas. TNI AD (Angkatan Darat) menggelontorkan ratusan unit mobil baru, dan sepeda motor untuk kendaraan dinas. Khusus kendaraan roda empat ada berbagai jenis, diantaranya ambulance, angkut penumpang, dan satwa atau hewan.

“Saya hanya titip kalau tahun ini mobilnya 309, sisanya motor sehingga total 547 unit. Tahun depan lebih banyak,” ujar Kepala Staff TNI AD Jenderal Andika Perkasa, dikutip dari 100KPJ.com.

3 Menantu Jenderal yang Punya Karier Cemerlang di TNI, Ada yang Jadi Presiden

Menurutnya tahun depan jumlahnya akan lebih banyak, meskipun pengadaan ratusan unit mobil dan motor saat ini menjadi yang paling terbesar dalam sejarah TNI AD. Terutama dalam satu kali pengadaan untuk kendaraan dinas.

Jika dirincikan secara detil dari Mitsubishi ada Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Triton double cabin. Khusus untuk Triton ada beberapa yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan TNI dalam menjalankan tugas. Salah satunya dimodifikasi menjadi ambulance, dan pengangkut hewan atau satwa yang digunakan Polisi Militer.

Bukan hanya Mitsubishi, dari brand lain juga tersedia seperti halnya Toyota Avanza, Veloz, Fortuner, Land Cruiser Prado, hingga Suzuki Ertiga. Selain kendaraan penumpang, terdapat juga bus ukuran medium buatan Hino.

Menurut Kepala Pusat Peralatan TNI AD, Mayor Jenderal Sigid Witjaksono mengatakan, kendaraan dinas terbaru ini program tahun anggaran 2020 untuk seluruh Indoesia. Soal pemilihan warna dan plat nomor diatur oleh Kasad Andika Perkasa. 

Tidak semua anggota mendapatkannya. Terutama mobil-mobil kelas mewah seperti Toyota Land Cruiser Prado, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner yang hanya dibagikan untuk mereka berpangkat jenderal, atau minimal bintang satu.

Dari jajaran mobil baru tersebut, yang paling termahal adalah Toyota Land Cruiser. Melansir beberapa situs jual beli online, SUV dengan status impor itu dijual Rp2 miliaran. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner hanya Rp500-700 jutaan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya