Jangan Mimpi, Segini Gaji yang Pantas Kredit Toyota Fortuner

Toyota Fortuner
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle cukup digandrumi di Indonesia, sejumlah produsen menawarkan model tersebut dengan spesifikasi, desain, dan harga berbeda-beda.

Di Pameran Ini Kredit Mobil Honda Uang Mukanya Mengejutkan

Salah satu SUV yang cukup mencuri perhatian dan menjadi impian sebagian orang adalah Toyota Fortuner. Berkat aturan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) yang diukur melalui emisi gas buang, beberapa tipe mengalami penurunan harga.

Namun bagi sebagian orang dengan kondisi keuangan pas-pasan, banderol Fortuner masih tergolong mahal. Sehingga jangan mimpi ketinggian jika ingin memiliki mobil gagah tujuh penumpang itu meski dengan cara kredit.

Dapat Diskon PPnBM, Cicilan Paling Murah Avanza Baru Mengejutkan

Melansir situs resmi Toyota Indonesia seperti dikutip Viva Otomotif, Kamis 4 November 2021, Fortuner ditawarkan tujuh varian dengan harga mulai Rp493 juta tipe 2.4 G manual diesel, sampai Rp630,500 juta tipe 2.4 VRZ matik diesel.

Artinya harga termurah mobil gagah itu ada kenaikkan karena sebelumnya masih Rp488,350 juta on the road Jakarta. Jika ingin meminangnya dengan cara kredit, berdasarkan informasi dari website resminya uang muka paling ringan 20 persen.

Gak Nyangka Segini Cicilan Toyota Voxy Baru Jika Dibeli Kredit

Maka TDP atau Total Down Payment yang harus digelontorkan untuk meminang varian terendah mencapai Rp100 jutaan, dengan cicilan paling ringan Rp11,627 juta per bulan selama lima tahun. Sudah termasuk asuransi komprehensif.

Namun angsuran itu bisa lebih murah jika asuransi dibayar seutuhnya di awal, atau  uang mukanya lebih besar. Jika memiliki uang lebih, dan tidak ingin terlibat terlalu lama dengan perusahaan pembiayaan, bisa memilih tenor satu tahun, atau dua tahun.

Semakin cepat jangka waktu kredit akan semakin rendah bunganya, tapi angsuran per bulan lebih tinggi jika masih menerapkan TDP 20 persen. Contohnya untuk tenor 24 bulan, cicilannya Rp20 juta, dan 12 bulan mencapai Rp36 jutaan.

Perhitungan itu belum termasuk diskon dari diler. Menurut salah satu tenaga penjual diler Toyota yang enggan disebutkan namanya, Fortuner baru masih diberikan potongan harga meski isentif berdasarkan emisi sudah berlaku.

“Diskonnya enggak terlalu besar, kalau mau kredit yang pasti gajinya harus tiga kali lipat lebih besar dari angsuran tapi itu bisa diakali kalau TDP-nya lebih dari 20 persen,” ujarnya kepada Viva Otomotif, Kamis 4 November 2021.

Dengan begitu jika cicilan per bulan mencapai Rp11 jutaan, otomatis harus memiliki pendapatan Rp30 jutaan agar pengajuan kredit disetujui lising atau perusahaan pembiayaan.

Toyota Fortuner mendapatkan perubahan pada tahun lalu. Namun mesinnya masih dibekali 2.400cc diesel, dan bensin 2.700cc. Tersedia transmisi matik serta manual dengan penggerak 4x2 dan 4x4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya