Mengejutkan, New Xpander Punya Kemiripan dengan Avanza Baru

All New Toyota Avanza
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Mitsubishi Xpander baru meluncur lebih dulu dari All New Toyota Avanza. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia sebagai distributornya membuka selubung mobil andalannya itu pada Selasa, 8 November 2021.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Perubahan cukup siignifikan pada Xpander baru terlihat saat masuk ke kabin. Hal tersebut Viva Otomotif lihat langsung sebelum peluncuran resminya, khususnya untuk tipe Ultimate yang dilengkapi beberapa fitur terbaru.

Mitsubishi Xpander baru

Photo :
  • Jeffry
Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Diantaranya pengaturan suhu ruangan alias AC yang sudah digital, sebelumnya masih konvensional dengan sistem putar layiknya kompor gas. Xpander baru juga dilengkapi rem parkir elektrik layiknya mobil premium.

Artinya tidak ada lagi tuas seperti gagang sapu di sisi kiri konsol tengah. Dengan begitu saat menunggu lampu merah, atau parkir mobil tidak membutuhkan tenaga untuk menarik tuas, karena cukup menekan tombol dengan jari.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Interior Xpander baru

Photo :
  • Jeffry

Kemudian terdapat tombol auto hold yang membantu pengereman mobil saat di tanjakan, sehingga tidak perlu khawatir merosot. Sekilas tugasnya sama dengan hill start assist, namun bedanya bisa dioperasikan manual.

Sistem hiburannya juga diperbaiki dengan head unit model floating layar sentuh berukuran delapn inci, lebih besar satu inci dari model sebelumnya. Tersedia untuk tipe Sport, dan Ultimate, sedangkan GLS dan Exceed ukurannya tetap tujuh inci.

Meskipun dapur pacunya mempertahankan mesin bensin empat silinder MIVEC 1.500cc. Namun demi penyaluran tenaga yang halus, transmisi matiknya berubah dari konvensional menjadi CVT (Continuosly Variable Transmision) 8-percepatan.

Berkaca dari data tersebut artinya beberapa perubahan Xpander baru serupa dengan Avanza baru yang akan diluncurkan Kamis 10 November 2021. Lantas apa saja yang membuat kedua Low MPV itu memiliki kemiripan?

Berdasarkan bocoran foto-foto interior Avanza Veloz tipe Q yang beredar di media sosial, terlihat jelas mobil tujuh penumpang andalan Toyota itu juga dilengkapi rem parkir elektrik yang tombolnya terletak di samping tuas transmisi.

Interior All New Toyota Avanza

Photo :
  • Screenshoot Instagram

Kemiripan lainnya, Avanza baru juga dibekali pengaturan AC digital. Selain itu sistem hiburan, atau head unitnya juga model floating seperti Xpander atau Raize. Namun belum diketahui ukuran dari layar hiburan tersebut.

Melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, All New Avanza sudah terdaftar dengan kode W100RE, dan W101RE.

Untuk mesin 1.300cc terdapat dua tipe, harga dasarnya Rp157 juta untuk W100RE-LMDFJ 1.3 E MT, dan Rp168 juta berkode W100RE-LBDFJ 1.3 E CVT. Sedangkan 7 varian lainnya mengadopsi mesin berkapasitas 1.500cc.

Artinya Avanza baru juga mengadopsi transmisi matik jenis CVT serupa dengan Xpander baru, atau mobil Toyota lainnya seperti Yaris, atau Raize. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya