Penantian 10 Tahun, Mesin Toyota Avanza Veloz Baru Bikin Kaget

All New Toyota Avanza Veloz
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – All New Toyota Avanza siap meluncur, Rabu 10 November 2021. Sebelum resmi dirlis, Avanza Veloz baru sudah ramai menjadi perbincangan, melalui bocoran wujud utuh hingga spesifikasinya yang tersebar di media sosial.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

“Melalui surat ini PT Toyota Astra Motor mengundang rekan mdia untuk menyaksikan acara world premiere of All New Veloz Avanza Digital Launch,” tulis undangan resminya yang diterima Viva Otomotif.

Terkait fitur dan bocoran interiornya di jagat maya, baru Avanza Veloz tipe Q yang sudah beredar inforamsinya. Model ini dilengkapi sejumlah fitur baru seperti panel intrumen digital penuh warna atau TFT, kunci pintar dengan tombol start stop engine.

All New Toyota Avanza Veloz

Photo :
  • Screenshoot Instagram
Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan


Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah
Sistem hiburannya mengadopsi model floating, di mana layar terlihat berdiri tegak mirip Raize. Desain setir juga berubah yang dipenuhi beragam tombol. Biasanya tombol itu untuk mengatur hiburan, hingga informasi terkait kendaraan. 

Pada pilar jendela, atau tulang atas dari mobil tersebut, terlihat dibekali tweeter atau speaker berukuran kecil. Beralih ke bagian belakang, penumpang disajikan layar berukuran besar di atas plafon, seperti halnya Kijang Innova atau Fortuner.

Avanza Veloz baru juga mengadopsi transmisi matik CVT atau Continuously Variable Transmission, dan teknologi Toyota Safety Sense. Informasi itu didapat dari daftar tipe, dan harga dasarnya di Permendagri nomor 40 tahun 2021.

Bocoran terbarunya, ternyata penantian 10 tahun dapur pacu All New Avanza Veloz hanya mengadopsi milik Sienta. Seperti foto-foto brosurnya yang diunggah dalam akun Instagram @indra_fathan. Terlihat mesin bensin 1.500cc empat silinder berkode 2NR-VE.

Mesin tersebut memiliki diameter piston 72,5 milimeter dengan langkah stroke 90,6 mm. Kapasitas tangki bahan bakarnya 43 liter, lebih besar dari satu liter dari Sienta, dengan kandungan oktan yang direkomendasikan 90 RON (Research Octane Number) atau lebih.

Tidak diketahui performa yang dihasilkan, namun melansir situs resmi Toyota Indonesia, jantung pacu Sienta dengan spesifikasi serupa dapat menyemburkan tenaga 107 PS di 6.000 rpm, dan torsi 140,2 Nm di 4.200 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT 7-percepatan ke roda depan. Denga begitu, diduga kuat sumber penggerak Avanza Veloz baru juga serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya