Besok Mobil Baru Pengangkut Barang di Jalan Ekstrem Hadir di RI

Isuzu siapkan D-Max dengan tampilan baru di eksterior dan interiornya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) akan meluncurkan dua mobil baru sekaligus di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2021 yang berlangsung besok 11 November di ICE BSD, Tangerang.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

“Management PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengundang untuk hadir pada acara opening booth Isuzu, launching All New Isuzu D-max dan All New Isuzu mu-X 4x4,” tulis undangan resminya yang diterima VIVA Otomotif, Rabu 10 November 2021.

Bak belakang Isuzu D-Max baru

Photo :
  • Carscoops
Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Diketahui, Isuzu D-Max adalah mobil pengangkut barang dengan kabin ganda dan kabin tunggal yang secara segmen bertemu langsung dengan Toyot Hilux atau Mitsubishi Triton. Biasa digunakan untuk di jalan ekstrem.

Mobil yang satu platform dengan Isuzu MU-X itu mengandalkan sasis tangga dengan penggerak 4x4. Di Indonesia D-Max biasanya disiksa di kawasan pertambangan emas, atau mengangkut hasil panen kelapa sawit dan lain-lain.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Maka tidak heran jika suspensi dan kapabilitas daya angkut serta mesinnya diciptakan untuk medan jalan yang ekstrim seperti para pesaingnya. Mobil kabin ganda terbaru Isuzu itu sebelumnya sudah dijual di Thailand sejak 2019.

Mengutip situs resmi Isuzu, mobil pengangkut barang itu hadir dalam beberapa varian di negeri gajah putih yang meliputi, Seri X, V-Cross 4x4, double cabin standar, dan single cabin. Semua tipe punya tampilan serupa.

Hanya tipe single cabin atau regular yang memiliki desain bumper depan agak beda, tidak di cat sewarna bodi karena menjadi kasta terendah. Sumber penerangan utamanya pun standar, dan fitur-fiturnya tidak selengkap varian lainnya.

Untuk space cab, dan crew cab wajahnya lebih gahar dari D-Max generasi sebelumnya. Mukanya tampak berotot, berkat revisi desain pada grill, kap mesin, bumper, lampu utama yang sudah dibekali DRL (daytime running light) dan sudah projektor Bi-LED.

Bagian bumper bawah dilengkapi lampu tembak dan lampu kabut alais foglamp. Desain bodi samping juga berubah, desain velgnya dibuat lebih sporty, buritannya diubah desain penutup bagasi belakang dengan garis timbul, lampu belakang juga berubah.

D-Max menggunakan platform baru, meski ukuran bodi lebih besar namun tetap ringan dan sasisnya dibuat rigid 23 persen dari sebelumnya. Soal jantung pacu ada dua pilihan, yaitu 1.900cc kodenya RZ4E dan mesin 4JJ3 berkapasitas 3.000cc.

Transmisinya ada dua pilihan, manual enam percepatan dan matik enam percepatan. Mesin terbarunya itu diklaim dapat menerjang genangan air sampai kedalaman 800 mm, angka itu lebih baik dari generasi sebelumnya yang hanya mampu terabas banjir 600 mm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya