Xpander Pakai Transmisi CVT, Butuh Perawatan Ekstra?

Mitsubishi New Xpander.
Sumber :
  • Dok: MMKSI

VIVA – Mitsubishi memamerkan versi terbaru dari mobil keluarga andalan mereka yang beberapa tahun belakangan ini membuat sensasi di Indonesia, di pameran GIIAS 2021. Kendaraan yang dimaksud adalah New Xpander.

Pengemudi Xpander Buat Ringsek Porsche Punya Masalah dengan Pemilik Showroom? Ini Kata Polisi

Model ini pertama kali mengaspal pada 2017, dan langsung mendapat sambutan positif dari para konsumen. Banyaknya pemesanan membuat konsumen harus rela antre, sembari produsen terus menambah kapasitas produksi.

Satu hal yang membuat Xpander disukai oleh konsumen, yakni karena desain eksteriornya berbeda dari low multi purpose vehicle atau LMPV pada umumnya. Model ini memiliki bumper mengotak, dan menjadi rumah dari lampu utama.

Viral Driver Xpander Tabrak Porsche Disebut Buka Galang Dana, Ini Kata Kitabisa

Interior Mitsubishi New Xpander.

Photo :
  • Dok: MMKSI

Bagian grille dirombak menjadi lebih elegan, dan diberi warna hitam sehingga menguatkan kesan gagah. Posisi pelat nomor depan yang tadinya ada di bawah grille, dipindah ke bumper sehingga lubang udara jadi lebih besar dan lega.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Meski jantung pacu yang digunakan masih sama seperti versi lama, namun tenaga dari mesin 1.500cc yang dihasilkan diteruskan ke roda depan melalui transmisi otomatis baru berjenis Continuously Variable Transmission atau CVT.

Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia, Hikaru Mii menjelaskan bahwa penyematan transmisi yang dikenal halus perpindahan giginya itu adalah karena permintaan konsumen.

“Ini berdasarkan dari hasil mendengarkan suara pelanggan," ujarnya saat peluncuran resmi beberapa waktu lalu.

Meski dibekali dengan sistem transmisi yang canggih, namun General Manager After Sales MMKSI, Boediarto memastikan bahwa para pemilik Xpander tidak akan mengalami masalah pada komponen tersebut.

“CVT tidak perlu ganti oli, tidak ada perawatan khusus. Hanya setiap 20.000 kilometer ada pemeriksaan kuantitas dan kualitas, menggunakan alat khusus yang ada di diler,” tuturnya saat konferensi pers di pameran GIIAS 2021, dikutip VIVA Otomotif Jumat 12 November 2021.

Boediarto juga menjelaskan, setiap unit Xpander dan Xpander Cross yang dibekali dengan transmisi CVT mendapatkan masa garansi sama seperti versi sebelumnya.

“Semua yang kami jual pasti ada garansi. Tiga tahun atau jarak 100.000 km untuk garansi CVT,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya