Begini Jadinya Jika Pemula Nyetir Mobil Sport Toyota

Toyota GR Yaris.
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Toyota memiliki beberapa mobil sport yang dipasarkan secara global, termasuk di Indonesia. Contohnya yakni GR Yaris, kendaraan hatchback yang dikembangkan dari dunia balap reli.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Kode GR memiliki arti Gazoo Racing, divisi baru dari Toyota yang bertanggung jawab untuk menciptakan produk bernuansa balap. Saat ini ada beberapa model Toyota, yang disematkan kode tersebut.

“GR Yaris diproduksi menggunakan line khusus pada pabrik Toyota di Motomachi, yang dikenal memiliki sejarah yang panjang dan kuat dalam memproduksi mobil sport Toyota. Proses perakitan GR Yaris pun langsung dilakukan oleh anggota tim takumi yaitu para teknisi Toyota yang memiliki keterampilan tinggi,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Fumitaka Kawashima.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Toyota GR Yaris.

Photo :
  • Dok: Toyota

Selain Yaris, model lainnya yang mengusung kode tersebut adalah GR Supra. Kendaraan ikonik yang sempat jadi bintang utama di film Fast and Furious itu, hadir dalam garapan Gazoo Racing dan resmi dijual di Tanah Air pada 2019.

Membetulkan Bodi Mobil Berstandar Pabrik Cuma Butuh Waktu 8 Jam

TAM belum lama ini memberi kesempatan VIVA Otomotif, untuk mencoba merasakan sensasi balap yang dihadirkan oleh dua model tersebut. Lokasi pengujian yakni di area BSD City, Tangerang Selatan. Banyak pengalaman unik yang kami dapatkan saat mengemudikan mobil mungil ini.

“GR Yaris dibekali mesin tiga silinder berkapasitas 1.600cc, yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 261 PS serta torsi maksimum 360 Newton meter,” tutur Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Bagian atapnya dibuat dari carbon fiber reinforced polymer, yang ringan dan bisa menurunkan titik gravitasi sehingga lebih stabil. Hal itu benar-benar dirasakan, saat VIVA Otomotif dipandu oleh pembalap Toyota Team Indonesia, Demas Agil coba melakukan drifting.

Mengarahkan mobil ke titik yang hendak dituju bukan masalah besar, karakternya sangat mudah untuk dikendalikan meski dibekali torsi besar. Pengoperasian transmisi manual sangat ringan, bahkan pengemudi pemula mendadak jadi mahir saat duduk di kursi pengemudi.

Toyota GR Supra

Photo :
  • Dok: TAM

Bicara soal kursi, GR Yaris disematkan jok semi bucket yang membuat tubuh bisa menempel sempurna meski mobil sedang berputar-putar di arena. Bagian interiornya terbilang nyaman, tidak ada kesan mobil balap yang minimalis.

Hal yang sama juga didapatkan, saat mengemudi GR Supra. Meski dibekali mesin enam silinder 3.000cc, namun pengendaliannya tidak berbeda jauh dari GR Yaris walaupun dimensinya lebih panjang 38 centimeter.

“Toyota GR Supra menggunakan mesin dengan tenaga 387 PS dan torsi 500 Newton meter,” ungkap Anton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya