Bocoran Tipis Suzuki soal Mobil Baru di 2022

Booth Suzuki di GIIAS 2021.
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA – Suzuki merupakan salah satu produsen kendaraan bermotor, yang sudah lama berkiprah di Indonesia. Beberapa dari mobil yang diluncurkan menjadi legenda di kalangan pencinta otomotif, seperti Jimny dan Vitara.

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

Saat ini PT Suzuki Indomobil Sales sebagai agen pemegang merek, memiliki beberapa model yang jadi andalan di pasar nasional. Mulai dari XL7, Ertiga hingga pikap Carry.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021 yang saat ini digelar di ICE BSD, Tangerang, mereka meluncurkan varian baru dari low multi purpose vehicle atau LMPV rakitan lokal, yakni All New Suzuki Ertiga Sport FF.

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

All New Suzuki Ertiga Sport FF

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Penyegaran juga dilakukan pada awal tahun ini, pada pikap Suzuki Carry yang mendapatkan desain baru di bagian depan. Kendaraan niaga itu saat ini bahkan menjadi tulang punggung penjualan SIS, dengan kontribusi lebih dari 50 persen di total penjualan SIS sepanjang Januari hingga Oktober tahun ini.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

“Penjualan All New Suzuki Carry Pick-Up sampai Oktober kemarin, angkanya sekitar 42 ribu unit. Kami prediksi, di akhir tahun mencapai 52 ribu unit,” ujar Business Development Head SIS, Hendro Kaligis di pameran GIIAS 2021, dikutip VIVA Otomotif Selasa 16 November 2021.

Pada sesi yang sama, 4 Wheel Brand Development and Marketing Research SIS, Harold Donnel menjelaskan bahwa tahun ini terjadi pergeseran segmen kendaraan bermotor beroda empat.

“Kalau lihat data Gaikindo, tahun ini pangsa pasar SUV (Sport Utility Vehicle) sekitar 25 persen, naik dari belasan persen di 2019,” tuturnya.

Sementara itu, kata Harold pangsa pasar mobil jenis MPV yang menjadi favorit masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun, mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“MPV itu kan ada beberapa, nah untuk LMPV yang tadinya nomor satu dengan pangsa pasar puluhan persen, pada tahun ini hanya 15 persen,” ungkapnya.

Ketika ditanya mengenai rencana Suzuki Indonesia untuk menghadapi pasar otomotif nasional di tahun depan, Harold mengaku bahwa mereka akan mengikuti apa yang konsumen butuhkan.

“Kami akan mengacu pada pasar yang besar. Core value Suzuki menampilkan produk yang value for money, sehingga konsumen dapat produk terbaik dan kompetitif,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya