Toyota Avanza Baru Bakal Dikembangkan Menjadi All New Rush?

Toyota Rush GR Sport.
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Toyota Avanza baru yang resmi diluncurkan pada 10 November 2021 menggunakan platform baru yang berbeda dari generasi sebelumnya. Avanza baru diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor bersamaan dengan Xenia baru.

Mau Beli Toyota Rush GR Sport, Segini Cicilannya per Bulan

Sedangkan Toyota Veloz baru diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Avanza-Veloz baru memiliki rancang bangun yang serupa, namun desain eksterior, dan fitur-fitur didalamnya dibuat berbeda.

Sebelumnya, platform mobil Low MPV atau Multi Purpose Vehicle tersebut digunakan untuk model lain demi menghemat ongkos produksi. Salah satu produk yang memiliki rancang bangun serupa adalah Toyota Rush.

Penumpang Mobil Berpelat F Ini Dicari Netizen hingga Dikecam Ridwan Kamil

Maka saat kemunculan All New Avanza ada dugaan bahwa Rush juga akan mendapatkan pembaharuan total. Mengingat pesaingnya, yakni Honda BR-V baru sudah meluncur dengan sejumlah teknologi yang jauh lebih canggih.

Direktur Corporate Affairs PT TMMIN, Bob Azam mengatakan, platform baru yang digunakan All New Avanza-Veloz dikembangkan menjadi berbagai model. Hal itu bertujuan untuk efisiensi menciptakan produk terbaru.

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

“Kemudian ada juga beberapa pengembangan teknologi yang ujungnya secara emisi menjadi lebih baik dari model sebelumnya,” ujar Bob Azam dikutip Viva Otomotif, Selasa 16 November 2021.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Rush dari pabrik ke diler sepanjang Januari-September 2021 mencapai 36.610 unit. Masih menjadi yang terlaris di kelas Low SUV.

Avanza-Veloz baru ditawarkan dua pilihan mesin bensin empat silinder. Yang pertama berkapasitas 1.329cc berkode 1NR-VE dengan teknologi dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dapat disemburkan 98 PS dan torsi 121,6 Nm. 

Kemudian mesin keduanya berkapasitas 1.496cc dengan kode 2NR-VE atau seperti Sienta yang dapat menyemburkan tenaga 106 PS dan torsi 137,2 Nm. Pilihan transmisinya manual 5-percepatan, dan matik CVT 7-percepatan berpenggerak roda depan.

Sebelumnya mobil dengan julukan sejuta umat itu mengandalkan penggerak belakang. Selain itu hal baru yang menarik dari Avanza-Veloz tipe tertinggi adalah sudah dilengkapai teknologi keamanan TSS atau Toyota Safety Sense.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya