Begini Jadinya saat Jokowi Penasaran dengan Mobil SUV Buatan RI

Presiden Jokowi di Hyundai Creta
Sumber :
  • Hyundai Motor Indonesia

VIVA – Presiden Jokowi menyempatkan hadir di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021 yang berlangsung pada 11-21 November 2021 di ICE BSD Tangerang.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Dalam kunjungannya Jokowi menghampiri beberapa booth dari produsen mobil yang hadir di pameran tersebut. Salah satunya menyambangi Hyundai dan melihat langsung mobil SUV atau Sport Utility Vehicle buatan lokal.

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) sebagai pemegang merek mobil berlogo H miring itu resmi meluncurkan Hyundai Creta di GIIAS sebagai produk pertama yang dibuat di pabrik terbarunya di Cikarang, Jawa Barat.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Hyundai Creta meluncur di GIIAS 2021.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

“Dalam kunjungan singkat, presiden juga merasakan langsung produk SUV terbaru Hyundai Creta yang didesain khusus mengikuti kebutuhan masyarakat Indonesia,” tulis keterangannya dikutip Viva Otomotif, Kamis 18 November 2021.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Sanking penasarannya dengan mobil buatan lokal itu Jokowi masuk ke dalam kabin, dan duduk di bangku pengemudi. Tatapannya saat berada di balik kemudi seakan fokus memerhatikan bagian panel klaster Hyundai Creta.

Saat berada di dalam SUV kompak tersebut Presiden Jokowi didampingi para petinggi Hyundai Indonesia yang sepertinya bertugas untuk menjelaskan lahirnya Creta di pabrik terbaru mereka. Lantas seperti apa spesifikasinya?

Eksterior Hyundai Creta buatan Indonesia itu mengusung bahasa desain parametric dynamics. Terdapat lampu DRL (Daytime Running Light) teintegrasi dengan grill, dan lampu utama yang seakan-akan tidak terlihat ketika dimatikan.

Bagian belakang lampu pengereman model bumerang, dan spoiler lengkap dengan high monted stop lamp. Secara penampilan memang lebih atraktif, dan berbeda dibandingkan Creta yang sudah meluncur di India pada tahun lalu.

Hyundai Creta dilengkapi panoramic sunroof seperti halnya mobil-mobil mewah. Kemudian sistem hiburannya didukung speaker lansiran Bose, panel instrument untuk informasi kendaraan 10,25 inci full warna alias TFT LCD.

President Director PT HMID SungJong Ha mengatakan, pabrik baru Hyundai di kawasan Cikarang, Jawa Barat menjadi kunci dari peluncuran Creta di Indonesia. Dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat lokal dengan segala aktivitasnya.

SUV bermesin 1.600cc itu ditawarkan dalam empat varian, dibanderol mulai Rp279 juta untuk tipe Active 6-speed manual, sampai Rp399 juta tipe Prime IVT two tone roof.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya