Mobil SUV Ini Nyaris Saingi Penjualan Avanza Baru

Toyota Raize
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Toyota Avanza baru menjadi salah satu bintang di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021. Model ini hadir dengan tampilan yang sama sekali baru, serta dibekali teknologi terkini di bidang keselamatan dan kenyamanan.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Banyak yang pangling melihat desain baru low multi purpose vehicle atau LMPV itu, wujudnya kini lebih gagah dengan bagian depan yang tampak agresif. Ubahan yang sama juga dilakukan PT Toyota Astra Motor pada Veloz baru, yang kini diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Toyota Indonesia memutuskan untuk mengubah sistem penggerak roda belakang yang selama ini jadi andalan, menjadi gerak roda depan demi meningkatkan efisiensi bahan bakar serta kenyamanan penumpang.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Demikian pula dengan transmisi otomatisnya, yang kini sudah memakai teknologi Continuously Variable Transmission atau CVT dengan ciri khas perpindahan gigi sangat halus.

Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Kehadiran dua model baru itu, langsung mendapat sambutan positif dari para pengunjung GIIAS 2021. Hal ini terlihat dari jumlah surat pemesanan kendaraan, yang masuk ke TAM.

Toyota di area Jabodetabek tempat GIIAS 2021 dilangsungkan, meraih SPK sebanyak 4.502 unit selama periode 11-21 November 2021. Dari jumlah itu, All New Veloz dan All New Avanza memberikan kontribusi terbesar masing-masing 823 unit dan 711 unit, atau sebesar 34 persen dari total seluruh model yang laku.

Uniknya, ada mobil Toyota lain yang masuk ke dalam segmen compact SUV dan angka penjualannya tidak terpaut jauh dari Avanza baru, yakni Toyota Raize dengan jumlah pemesanan sebanyak 651 unit.

Selain itu, ada 633 orang yang meneken SPK untuk pembelian MPV Kijang Innova serta mobil gagah Fortuner dipesan sebanyak 529 unit.

“Respons yang sangat baik ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah dalam meningkatkan daya beli masyarakat, sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi di berbagai sektor, termasuk industri otomotif,” ujar Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 23 November 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya