Mobil SUV Ini Nyaris Saingi Penjualan Avanza Baru

Toyota Raize
Toyota Raize
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Toyota Avanza baru menjadi salah satu bintang di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021. Model ini hadir dengan tampilan yang sama sekali baru, serta dibekali teknologi terkini di bidang keselamatan dan kenyamanan.

Banyak yang pangling melihat desain baru low multi purpose vehicle atau LMPV itu, wujudnya kini lebih gagah dengan bagian depan yang tampak agresif. Ubahan yang sama juga dilakukan PT Toyota Astra Motor pada Veloz baru, yang kini diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Toyota Indonesia memutuskan untuk mengubah sistem penggerak roda belakang yang selama ini jadi andalan, menjadi gerak roda depan demi meningkatkan efisiensi bahan bakar serta kenyamanan penumpang.

Demikian pula dengan transmisi otomatisnya, yang kini sudah memakai teknologi Continuously Variable Transmission atau CVT dengan ciri khas perpindahan gigi sangat halus.

Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.

Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Kehadiran dua model baru itu, langsung mendapat sambutan positif dari para pengunjung GIIAS 2021. Hal ini terlihat dari jumlah surat pemesanan kendaraan, yang masuk ke TAM.

Toyota di area Jabodetabek tempat GIIAS 2021 dilangsungkan, meraih SPK sebanyak 4.502 unit selama periode 11-21 November 2021. Dari jumlah itu, All New Veloz dan All New Avanza memberikan kontribusi terbesar masing-masing 823 unit dan 711 unit, atau sebesar 34 persen dari total seluruh model yang laku.