Posisi Toyota Rush Mulai Terancam dengan Hadirnya Veloz Baru?

Toyota All New Veloz.
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – All New Toyota Veloz kini menjadi primadona baru usai diluncurkan pada 12 November 2021. Bahkan, Veloz baru menjadi mobil terlaris dari PT Toyota Astra Motor (TAM) di ajang Gaikindo Indonesia Internaltion Auto Show (GIIAS) 2021.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Veloz baru hadir banyak pembaruan, mulai dari desain hingga fitur-fitur yang modern dan kabin bernuansa MPV. TAM membanderol harga Veloz baru mulai Rp251,2 juta hingga Rp291,5 juta.

Alhasil, kehadirannya dinilai bisa mengganggu pasar dari Toyota Rush yang ada di segmen low SUV. Tapi, Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengatakan bila Rush memiliki pasar sendiri.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota Rush GR Sport.

Photo :
  • Dok: TAM

"Saya rasa untuk Avanza dan Rush, bahkan sebelum All New Veloz muncul pun, customer Avanza dan Rush ini saling meng-consider sebenarnya. Tetapi memang kalau Rush ini kan punya desain dan juga fitur yang berbeda ya, dari sisi size, kemudian ground clearance, lalu bentuk dari bodinya," kata Anton dalam jumpa pers virtual, belum lama ini.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Lebih lanjut, Anton menjelaskan bila Veloz tak memiliki fitur-fitur unggulan yang ada di Toyota Rush. Bila melihat penjulannya di GIIAS 2021, Rush masih cukup banyak dilirik oleh pembeli.

Nah Veloz ini kita tidak katakan SUV ya. Jadi dia tetap berada di (kelas) low MPV, cuma dia SUV look. So far saya rasa nggak ada masalah. Justru kami ingin memberikan pilihan kepada customer," ujar Anton.

"Dan kalau saya lihat, SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Rush pun sampai hari ini masih cukup baik, misal di GIIAS 2021 ini, Rush SPK sudah 329 unit, jadi saya rasa cukup baik ya, dibandingkan dengan situasi dan kondisi market pada saat ini," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya