Kenali 4 Penyebab Alarm Mobil Tak Bunyi Saat Dikunci

Ilustrasi kunci remote mobil.
Sumber :
  • Cars.com

VIVA –  Alarm mobil kini menjadi sebuah kebutuhan dan bukan sekeda aksesori semata, sebab sangat berguna untuk keamanan mobil yang rawan akan pencurian.  Alarm akan berbunyi sesuai dengan jenisnya dan bunyinya sendiri harus diperhatikan dengan benar.

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Di antara semua jenis alarm, remote control bypass adalah jenis yang paling banyak digunakan untuk semua mobil saat ini. Para pengemudi pun kini memiliki reflek menekan tombol alarm mengunci pintu setelah keluar dari mobil.

Namun apa yang terjadi ketika menekan tombol pada remote ternyata alarm tidak berbunyi? Hal inilah yang harus dihindari karena fungsinya berhubungan dengan keamanan, berikut beberapa penyebabnya dilansir dari Suzuki Indonesia.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

1. Habisnya Baterai

Cek kondisi baterai dulu pada central lock. Kemungkinan terbesar alarm tidak berbunyi atau justru berbunyi tanpa henti karena baterai yang sudah habis. Baterai yang habis adalah penyebab paling umum yang sering terjadi karena pengemudi lupa untuk mengeceknya secara berkala.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

2. Mobil Masih dalam Mode Valet

Alarm dapat diatur ke mode senyap ketika pengemudi ingin menggunakan layanan valet. Pada saat inilah keamanan mobil perlu dilonggarkan karena akan dibawa oleh orang lain untuk diparkir.

Jika Anda lupa untuk mengubah mode senyap atau valet ini sudah pasti alarm tidak akan menyala ketika mobil dikunci. Bahkan lampu indikator pun tidak akan menyala ketika mengaktifkan mode senyap.

3. Pintu Mobil Masih Terbuka

Tampak sepele namun ternyata berdampak besar terhadap aktifnya alarm mobil yaitu pintu yang tidak tertutup dengan benar. Sensor mobil tidak akan mendeteksi dengan baik karena pintu masih terbuka.

4. Kerusakan pada Sistem Alarm Mobil

Penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci yang kedua adalah kerusakan pada sistem. Alarm memiliki beberapa rangkaian sistem dan bisa mengalami kerusakan. Misalnya saja pada bagian module atau sirine.

Ketika module alarm rusak maka arus listrik yang mengontrol sirine putus sehingga alarm pun tidak akan berbunyi. Begitu juga jika sirine yang rusak maka module tidak dapat membunyikan alarm.  

Sistem yang rusak juga bisa saja pada bagian sensori yang mengakibatkan sensibilitas mobil menurun atau justru meningkat. Efeknya adalah alarm berbunyi terus atau tidak sama sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya