Moeldoko Minta Mobil Listrik Jangan Cuma Banyak Varian

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko hadir di pameran IEMS 2021
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko hari ini meresmikan pembukaan pameran Indonesia Electric Motor Show atau IEMS 2021. Acara tersebut berlangsung sampai 26 November, dan diadakan di Serpong, Tangerang Selatan.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Saat sesi tanya jawab bersama media, Moeldoko mengatakan bahwa ajang ini digelar untuk mempercepat pengembangan elektrifikasi kendaraan di Tanah Air dan diharapkan bisa menggantikan model yang saat ini masih menggunakan mesin konvensional.

“Ada sebuah peta jalan yang dibuat Kementerian Perhubungan, yaitu pada tahun sekian ada pengurangan mobil konvensional sekian persen. Pada tahun berikutnya sekian persen, itu sudah ada peta jalannya,” ujarnya di lokasi pameran, dikutip VIVA Otomotif Rabu 24 November 2021.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Selain menarik minat para pabrikan untuk memproduksi motor dan mobil listrik di Indonesia, Moeldoko menjelaskan bahwa ada hal lain yang juga harus diperhatikan demi mensukseskan program ini.

Pembukaan pameran IEMS 2021

Photo :
  • Istimewa
Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Hal yang dimaksud adalah melakukan pengembangan terhadap teknologinya, sehingga bisa menghasilkan produk yang kualitasnya lebih baik dan memiliki daya saing dengan negara lain.

“Varian cukup banyak, tapi kita harus menuju kepada keunggulan. Kompetitif kita sampai mana, jangan kita asyik membuat varian, tapi terlambat di bagaimana meningkatkan kualitasnya,” tuturnya.

Kualitas yang dimaksud, kata Moeldoko ada tiga, yakni daya tahan baterai agar bisa diisi ulang berkali-kali serta bobotnya ringan, kemudian pengisian daya yang membutuhkan waktu singkat dan terakhir jarak tempuh.

“Baterainya ringan, jaraknya jauh, charging-nya cepat, itu yang dikejar. Saya pikir, pameran di sini ini memberikan edukasi dan mencambuk kita untuk bekerja lebih keras lagi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, beberapa pabrikan otomotif yang mengikuti pameran IEMS 2021 yakni Toyota, Mitsubishi, Wuling, Hyundai, dan Gesits.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya