Stok Terakhir, Mitsubishi Xpander Lebih Laku dari Toyota Avanza

Ilustrasi Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Black Edition
Sumber :
  • dok. MMKSI

VIVA – Segmen Low MPV (Multi Purpose Vehicle) masih menjadi penyumbang terbesar penjualan mobil di Indonesia. Sejumlah produsen memiliki produk sejenis dengan spesifikasi, dan harga yang saling bersaing.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Sehingga persaingan memang cukup ketat dibandingkan model lain. Tidak heran jika para pemegang merek kendaraan berlomba-lomba memberikan penyegaran saat pemimpin pasar, yakni Avanza berubah total.

All New Avanza dan All New Veloz meluncur pada 10 November 2021. Sebelum dirilis mobil yang menjadi tulang punggung Toyota itu menjadi buah bibir, hingga akhirnya memancing beberapa produsen.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Toyota Avanza

Photo :
  • VIVA/Jeffry Yanto

Salah satunya Mitsubishi yang tidak mau ketinggalan mendapatkan perhatian konsumen, salah satunya dengan menghadirkan New Xpander. Bahkan waktu peluncurannya dijadwalkan lebih dulu dari Avanza, yakni 8 November.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Diketahui adanya pembaharuan tersebut, distributor atau produsen umumnya menyesuaikan stok unit yang masih ada di jaringan diler. Hal itu dilakukan agar diler fokus menjual model baru, dan tidak ada penumpukan unit.

Maka tidak heran jika angka wholesales Oktober, atau penjualan unit dari pabrik ke diler lebih sedikit. Terutama Avanza-Veloz yang biasa menjadi pemimpin pasar harus tersingkir dengan Xpander dalam waktu satu bulan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia seperti dikutip Viva Otomotif, Jumat 26 November 2021, penjualan Avanza-Veloz generasi kedua di bulan lalu hanya 1.701 unit. 

Bahkan yang paling diminati varian tertinggi, yakni Veloz GR Limited menjadi penyumbang terbesar dengan torehan 516 unit. Ada kebiasaan yang berbeda, karena Avanza tipe G manual 1.300cc selalu mendominasi penjualan dari tahun ke tahun.

Sementara pencapaian Xpander dari pabrik ke diler di bulan lalu lebih tinggi, yakni 1.882 unit, angka tersebut belum termasuk Xpander Cross meski secara harga masih bersaing. 

Daftar mobil Low MPV terlaris di Oktober 2021:

Mitsubishi Xpander: 1.882 unit

Toyota Avanza: 1.701 unit

Daihatsu Xenia: 1.151 unit

Wuling Confero S: 864 unit

Suzuki Ertiga: 823 unit

Nissan Livina: 404 unit

Honda Mobilio: 144 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya