Bakrie Autoparts Bakal Pasok 100 Bus Listrik Transjakarta

Mobil listrik Transjakarta
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Tenaga penguji dari Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung, Jakarta Timur, mengikuti pelatihan uji kir khusus bus listrik. Total ada 40 tenaga yang mengikutinya.

Viral Keributan Terjadi antara Pengendara Mobil dan Supir Transjakarta, Ini Penyebabnya

Seperti dikutip dari Antara, Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung, Jakarta Timur, mengikuti pelatihan uji kir khusus bus listrik. Sebab, pada 2022 direncanakan ada 100 unit bus listrik.

"Pelatihan yang diberikan tentang pengenalan mobil listrik. Agar tenaga penguji kami bisa menguji kendaraan listrik. Karena pada 2022 rencananya ada 100 unit bus TransJakarta yang dioperasikan di Jakarta," kata Fatchuri di Jakarta.

Penumpang Transjakarta Rute Bandara Soetta Tembus 14.222 Orang, Uji Coba Diperpanjang

Dalam pelatihan tersebut, para tenaga penguji diperkenalkan soal komponen bus listrik Transjakarta. Begitu juga dengan cara mengoperasikannya.

15 Bus Bakal Diuji Coba dari Terminal Kalideres ke Bandara Soetta

Sebab, voltase listrik pada bus TransJakarta tersebut mencapai 600 volt. Maka sangat bahaya, jika tidak memahami komponennya.

Sementara itu, Manajer Produk Bus Listrik PT Bakrie Otopart, Aditya Kuntoaji menambahkan, sebagai penyedia bus listrik pihaknya juga menyiapkan pelatihan dengan menyiapkan instruktur bagi tenaga penguji. Saat ini sudah ada 20 bus yang tersedia.

"Kami sudah menyiapkan bus listrik yang akan digunakan untuk operasional transportasi massal di Jakarta. Sebagai operator PT Mayasari Bakti. Saat ini baru 20 bus dan dalam waktu dekat nambah 10 bus. Targetnya pada tahun 2022 disiapkan 100 bus TransJakarta berbahan bakar listrik," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya