Mengenal Fungsi Tombol-tombol di Setir Mobil F1

Setir Mobil F1.
Setir Mobil F1.
Sumber :
  • The Sun.

VIVA – Berbeda dengan kendaraan biasa, mobil Formula 1 dirancang khusus untuk keperluan di sirkuit. Itulah mengapa, secara tampilan, spesifikasi, dan komponen penunjang lainnya dibuat berbeda. Salah satunya setir atau perangkat kendali yang memiliki banyak tombol dengan masing-masing fungsi.

Saat balapan berlangsung, kamera akan menangkap jalannya perlombaan dari berbagai sudut. Bukan hanya dari luar, melainkan juga dari dalam kendaraan. Pada momen tersebut, biasanya terlihat perangat setir yang bentuknya menyerupai console controller dengan berbagai tombol.

GP Formula F1 Spanyol

GP Formula F1 Spanyol

Photo :
  • Twitter/F1

Dengan demikian, maka fungsi setir mobil F1 tak hanya untuk mengendalikan roda, melainkan juga untuk menjalankan fungsi-fungsi lainnya. Itulah mengapa, seluruh pembalap dituntut pintar-pintar ‘memainkan’ opsinya. Sebab, jika tidak, bisa-bisa kendaraan hilang kendali atau mengalami penurunan kecepatan.

Pada musim 2018 lalu, laman The Sun pernah membedah tampilan serta fungsi tombol yang tertanam di konsol kendali F1. Tak main-main, jumlahnya ada belasan. Hal itu memaksa pembalap memiliki kemampuan ekstra untuk mengingat dan bereaksi saat kondisi spontan.

Setir mobil F1 tim Sauber milik Pascal Wehrlein

Setir mobil F1 tim Sauber milik Pascal Wehrlein

Photo :
  • The Sun

Tombol-tombol kecil itu masing-masing berfungsi untuk memperlambat dan mempercepat proses pengeraman, menyetel keseimbangan, pengatur torsi, pemetaan pedal, sinyal darurat, serta tombol lain untuk memantau kondisi terkini kendaraan.