Begini Jadinya saat Toyota Raize Kecelakaan Hebat, Pertama di RI?

Toyota Raize kecelakaan
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Toyota Raize yang pertama kali meluncur di Indonesia pada 30 April 2021 menjadi salah satu produk terbaru yang cukup fenomenal. Pasalnya untuk mendapatkan unit konsumen perlu inden mengingat peminatnya yang tinggi.

Mobil Pikap Sarat Muatan Terguling di Pamekasan, Belasan Orang Terkapar di Jalan

Mobil yang satu platform dengan Daihatsu Rocky tersebut memiliki lampu utama LED, stop lamp LED, hingga spion auto retractable, AC digital. Sistem keamanannya didukung Hill Assist Control, dan Vehicle Stability Control.

Konfigurasi mobil SUV atau Sport Utility Vehicle kompak itu dapat menampung lima penumpang. Untuk mempermudah pengemudi saat berkendara, panel klasternya dilengkapi berbagai informasi penting yang cukup lengkap.

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

Toyota Raize

Photo :
  • VIVA Otomotif

Di awal kemunculannya Raize hanya ditawarkan satu pilihan mesin, yakni tiga silinder turbo berkapasitas 1.000cc. Mesin dengan sistem VVT-i itu dapat memuntahkan tenaga 96,6 dk di 6.000 rpm, dan torsi 140,2 Nm di 2.400-4.000 rpm.

Korban Tewas Mudik Lebaran 2024 Berkurang dari Tahun Lalu, Jumlahnya 429 Orang

Kemudian demi melebarkan sayapnya, Toyota merilis versi yang lebih terjangkau dengan menanamkan mesin bensin 1.200cc tiga silinder tanpa turbo Dual VVT-i. Tenaganya hanya 86,7 dk di 6.000 rpm, dan torsi 112,7 Nm di 4.500 rpm.

Mengutip situs Toyota Indonesia, SUV kompak tersebut ditawarkan dalam 12 varian. Untuk mesin turbo terdapat 9 pilihan dengan harga mulai dari Rp219,900 juta untuk 1.0T G MT one tone, sampai Rp266,800 juta tipe 1.0T GR CVT TSS two tone.

Artinya untuk kasta tertinggi sudah disematkan Toyota Safety Sense yang didalamnya bersarang fitur-fitur keamanan, dan bisa mempermudah pengemudi ketika berkendara.

Sementara untuk varian non turbo hanya tersedia dua varian dengan satu warna atau single tone, tanpa fitur TSS. Harganya Rp202,700 juta untuk tipe 1.2 G MT, dan Rp215,800 juta untuk 1.2 G CVT matik.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pengiriman unit dari pabrik ke diler Raize sejak dirilis di RI sudah mencapai 16.578 unit periode April-Oktober 2021. Angka fantastis untuk produk terbaru.

Tidak ada keterangan jumlah unit yang sudah sampai ke tangan konsumen, namun mengingat statusnya yang belum terlalu lama hadir di Tanah Air, maka saat ada pengguna yang mengalami kecelakaan menjadi sorotan.

Seperti foto yang diunggah akun Instagram @rajamodifikasi, dikutip Viva Otomotif, Senin 29 November 2021. Terlihat Raize berwarna hitam hancur parah pada bagian eksteriornya, bodi remuk hingga kaca pecah.

Tidak ada informasi penyebab kecelakaan yang melibatkan pengguna Raize tipe 1.0T single tone tersebut. Melihat dari kerusakannya diduga mengalami benturan hebat, beberapa netizen yang berkomentar mengira bahwa kecelakan itu pertama kali dialami Raize di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya