New Kijang Innova, Performa Mesin Kijang jadi Keunggulan Utama

New Kijang Innova
Sumber :
  • screenshot Youtube

VIVA – Hadir pertama kali di Indonesia pada 2004 lalu, Kijang Innova telah berhasil menemani kebutuhan keluarga Indonesia akan mobil jenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) selama 17 tahun sampai saat ini.

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Meski begitu, kehadiran Kijang Innova tidak terlepas dari sejarah panjang Kijang sebagai mobil keluarga yang dirintis sejak tahun 1977.

Sejak saat itu hingga sekarang, Kijang tumbuh dan berkembang bersama industri otomotif negeri ini dengan melahirkan 6 generasi, bahkan menjadi salah satu lokomotif dengan total penjualan tertinggi di segmen Medium MPV yang hampir mencapai 2 juta unit per November 2021.

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Mesin pacu yang kuat dan bertenaga

Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1

Photo :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto
Hybrid Car Incentive Can Be Beneficial for Consumers, Toyota Says

Nama Kijang bagi keluarga Indonesia bukan hanya sekedar nama mobil, lebih dari itu Kijang sudah merupakan bagian dari perjalanan sebagian keluarga negeri ini. Dari dulu, Kijang dikenal tangguh dan andal dalam mendukung dan menemani mobilitas keluarga Indonesia dari generasi ke generasi, bahkan sampai dengan saat ini.

Hal ini salah satu keunggulan Kijang pada dapur pacunya. Mesin Kijang dikenal andal dan tangguh sejak generasi pertama. Dapur pacunya memiliki ciri khas utama yaitu irit bahan bakar, bertenaga, dan tahan banting sehingga dapat diandalkan untuk melalui berbagai kondisi jalan tanpa perlu khawatir akan konsumsi bahan bakarnya.

Ditambah lagi Kijang juga mengadopsi gerak roda belakang yang mampu secara efektif menyalurkan tenaga mesin dan dibekali dengan ground clearance yang tinggi agar dapat terus mendukung mobilitas keluarga Indonesia.

Keunggulan mesin pada Kijang inilah yang terus dipertahankan dan dikembangkan oleh Toyota pada produk-produk keluaran Kijang Innova.

Pada Kijang Innova generasi awal misalnya, setiap tipe memiliki opsi mesin bensin 1TR-FE 2.000 cc 4 silinder VVT-i bertenaga 136 PS dan torsi 182 Nm, serta mesin diesel 2KD-FTV 2.500 cc D- 4D common-rail turbo bertenaga 102 PS dan torsi 265 Nm.

Kemudian, maju ke tahun 2005, Toyota menambah varian Kijang Innova yang dilengkapi dengan dapur pacu 2TR-FE 2.700 cc 4-silinder VVT-i yang menghasilkan tenaga hingga 160 PS dan torsi 189 Nm dengan transmisi otomatis 4-speed.

Lebih efisien namun tetap bertenaga

Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1.

Photo :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

Setelah 10 tahun hadir menemani keluarga Indonesia, Kijang Innova Reborn yang meluncur pada tahun 2015 mulai merubah tampilan serta posisinya sebagai kendaraan keluarga yang premium namun tetap mempertahankan DNA-nya yang durable, comfortable, serta peace of mind.

Masih menggunakan mesin yang sama yakni 1TR-FE 2.000 cc 4-silinder dengan teknologi Dual VVT-i yang lebih efisien namun tetap mampu menghasilkan tenaga 139 PS dan torsi 190 Nm.

Menariknya, model diesel Kijang Innova Reborn dibekali dengan dapur pacu yang sama sekali baru dan bertenaga berkode 2GD-FTV 2.400 cc 4-silinder VNT (Variable Nozzle Turbocharger) bertenaga 147 PS dan torsi 367 Nm sejak putaran 1.200 - 2.600 RPM.

Ubahan di sektor eksterior pada Kijang Innova Reborn mengubah image-nya dari generasi pertama secara signifikan dengan tampil lebih modern dan premium. Perbedaan cukup signifikan terlihat pada interior.

New Kijang Innova

New Kijang Innova hadir sejak generasi ke-6 hadir di Indonesia pada tahun 2015. Salah satu kelebihan New Kijang Innova adalah daftar varian yang semakin lengkap untuk memberikan pilihan lebih kepada keluarga Indonesia.

Sejak tahun 2020, ada varian baru yaitu Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline) yang dilengkapi captain seat di kabin tengah layaknya tipe Venturer guna memberikan kenyamanan lebih baik dan juga menguatkan prestigious feeling bagi pelanggan.

Dengan hadirnya varian baru ini, pelanggan bisa memilih New Kijang Innova dengan 6 atau 7-seater sesuai dengan kebutuhan.

New Kijang Innova juga dilengkapi dengan ubahan pada sisi desain eksterior dan interior yang membuatnya tampil lebih premium dan prestigious.

Pada sisi eksterior, seluruh varian New Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga New Two Toned 16” Alloy Wheel.

Sentuhan penyegaran berlanjut ke dalam kabin dimana New Kijang Innova varian G dan V kini hadir dengan New Noble Brown Seat Color yang menguatkan kesan premium.

Sedangkan pada New Venturer, kini telah dibekali New Black Evaporated Leatherette Seat with a Red Stitch dan New Darker Color Wooden Panel yang membuatnya tampil elegan dan eksklusif.

Tidak berhenti di situ, New Kijang Innova dan New Venturer juga didukung dengan sistem hiburan yang advance serta fitur safety terbaik di kelasnya. Sistem hiburan varian G kini dibekali dengan New 8” Head Unit dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring.

Pada sisi safety, seluruh varian New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags.

Berlanjut ke mesin, seluruh varian New Kijang Innova masih dilengkapi mesin seperti generasi sebelumnya yang sudah terbukti andal, tangguh, dan tahan lama.

Pertama adalah unit bensin 1TR-FE 2.000 cc 4-silinder Dual VVT-i bertenaga 139 PS dan torsi 190 Nm. Berikutnya adalah mesin diesel 2GD- FTV 2.400 cc 4-silinder VNT (Variable Nozzle Turbo) bertenaga 147 PS dan torsi 367 Nm sejak putaran 1.200 - 2.600 RPM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya