Mobil Andalan Jenderal akan Berjalan Tanpa Bensin

Cadillac Escalade 2009
Sumber :
  • SPBcar

VIVA – Kendaraan berpenggerak listrik menjadi jawaban di dunia demi mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari mesin pembakaran. Setiap pabrikan mobil membuat produk ramah lingkungan dengan spesifikasi berbeda-beda.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Mulai dari desain, daya baterai hingga tenaga yang disalurkan dari motor listrik dikemas sesuai target pasar. Namun ada juga sejumlah pabrikan yang mengkonversikan model yang sudah dipasarkan menjadi tenaga listrik.

Salah satunya seperti yang dilakukan General Motors dengan mengubah Cadillac Escalade menjadi ramah lingkungan. Mobil yang kerap digunakan para jenderal TNI di Indonesia itu sebelumnya menggendong mesin bensin.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Cadillac Escalade

Untuk edisi 2021 mesin yang bersarang di balik SUV atau Sport Utility Vehicle tersebut adalah delapan silinder atau V8 berkapasitas 6.200cc. Tenaga maksimalnya mencapai 420 dk di 5.600 rpm, dan torsi 623 Nm di 4.100 rpm.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Dikutip Viva Otomotif dari Carbuzz, Rabu 1 Desember 2021, jenama asal Amerika Serikat itu sudah mematenkan merek dagang untuk produk tanpa emisi, yakni Cadillac Escalade IQ di Kantor Patern, dan Merek Dagang AS.

Nama itu didaftarkan 18 November 2021, dugaan besarnya akan menjadi SUV versi listrik, mengingat kode IQ yang disematkan serupa dengan produk ramah lingkungannya yang sudah diperkenalkan seperti Celestiq dan Lyric.

Selain itu, GM juga mengajukan hak paten Escalade IQL yang kabarnya akan menjadi mobil berpenggerak listrik dengan dimensi panjang alias long whellbase. Bukan hanya bentuk eksterior, namun spesifikasinya juga berbeda dari IQ.

Mobil gagah itu kabarnya akan memanfaatkan platform GMC Hummer EV (Eletric Vehicle). Diketahui, rancang bangun tersebut juga digunakan pada Chevrolet Silverado EV yang kabarnya siap dijual ke pasar pada pekan depan.

Sementara informasi yang diberitakan Car and Driver, SUV bertenaga listrik itu akan diproduksi mulai 2025 dan dipasarkan ke beberapa negara. Artinya bukan hanya dijual di Amerika sebagai negara asalnya.

Mengutip beberapa sumber, Cadillac Escalade dilahirkan pertama kali pada 1999 sebagai jawaban untuk berkompetisi di segmen SUV bongsor yang saat itu diramaikan beberapa brand seperti Mercedes-Benz, Range Rover, Lexus, dan Ford.

Diproduksi di Arlington, Texas Amerika Serikat, nama Escalade terinspirasi dari sebuah tembok pertahanan atau benteng. Mobil yang menyasar kaum kaya itu kerap digunakan pejabat negara hingga pengusaha untuk mobilitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya