Cara Beli Mobil Tanpa Bayar Pajak Barang Mewah

Ilustrasi membeli mobil bekas
Sumber :
  • Mobil88

VIVA – Tahun ini banyak pembeli mobil yang diuntungkan dengan adanya relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM. Nilainya cukup besar, mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah dan dikurangi langsung dari harga jual.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah mulai Maret lalu hingga Desember mendatang itu, diadakan untuk menarik minat masyarakat membeli mobil, sehingga bisa membantu pemulihan ekonomi nasional karena sektor otomotif melibatkan 1,5 juta pekerja.

Jika melakukan pembelian mobil pada awal tahun depan, maka konsumen akan dibebankan PPnBM yang besarannya baru saja diubah di Peraturan Pemerintah nomo 73 tahun 2019, yang kemudian direvisi di PP nomor 74 tahun 2021.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Dalam aturan itu, disebutkan bahwa mobil-mobil yang tadinya bisa dibeli dengan PPnBM nol persen akan dibebankan pajak dengan nilai 15 persen. Jumlah itu naik 5 persen dari ketentuan sebelumnya, sesuai dengan aturan pajak karbon di Tanah Air.

Pengunjung GIIAS 2021

Photo :
  • Seven Event
Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Chief Operating Officer Mobil88, Sutardi mengatakan bahwa kenaikan PPnBM akan memicu penurunan angka penjualan mobil baru di bulan pertama 2022. Meski demikian, ia yakin di bulan berikutnya pasar akan kembali normal.

“Ini cuma masalah waktu, orang akan terbiasa dengan perubahan itu. Misalnya setiap Desember ada cuci gudang, lalu di Januari penjualannya turun karena ada penyesuaian PPnBM. Tapi setelah Februari atau Maret, akan balik normal lagi,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Rabu 1 Desember 2021.

Sutardi menuturkan, bahwa ada satu cara yang bisa dilakukan apabila hendak memiliki mobil tanpa harus membayar pajak PPnBM, yakni dengan membelinya dalam kondisi bekas.

“Ada mobil-mobil yang baru dipakai sebentar kemudian dijual, itu kan nanti pembelinya tidak perlu bayar PPnBM. Jadi, beli mobil bekas rasa baru,” tuturnya.

Terkait kondisi, Sutardi mengatakan bahwa mobil-mobil bekas yang ditawarkan oleh Mobil88 sudah melewati proses pengecekan di lebih dari 170 titik termasuk surat-surat dan kondisi bebas tabrakan serta banjir, sehingga bisa dipastikan layak pakai.

Proses pembelian juga dapat dilakukan dengan mudah, karena mereka memiliki aplikasi Mo88i yang bisa dimanfaatkan konsumen untuk mencari mobil sesuai dengan keinginan.

Ilustrasi beli mobil bekas via aplikasi online.

Photo :
  • Dok: Mobil88

“Karena kami merupakan bagian dari grup Astra, jadi ada layanan kredit dengan bunga kompetitif serta asuransi. Konsumen juga bisa pesan mobil sesuai merek, tipe, tahun, dan warna,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya