Pintu Geser Bermasalah, Kia Recall 2 Ribu Lebih Mobil Kia Carnival

Sliding door KIA Carnival
Sumber :
  • indianautosblog

VIVA –  Kia melakukan penarikan atau recall terhadap ribuan mobil Kia Carnival di Amerika Serikat. Penyebabnya tak lain karena masalah pada pintu geser penumpang, yang ditakutkan bisa terbuka tiba-tiba.

Toyota Indonesia Umumkan Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600

Mengutip dari Carscoops, Jumat 3 Desember 2021, Kia menilai ada masalah pada pintu geser mobil MPV itu. Alhasil, pintu yang sudah ditutup dan terkunci, tapi bisa terbuka secara mendadak.

Kia mengungkapkan ada komponen yang dibuat oleh pemasoknya dengan kualitas yang tak baik, membuat sejumlah Kia Carnival di Amerika jadi cacat produksi. Kia menemukan bahwa empat notifikasi peringatan akan berbunyi jika pintu tidak ditutup dengan benar dan mobil dalam keadaan melaju.

Terpopuler: Cara Cek Ban Mobil untuk Mudik, Xpander Tabrak Kafe di Surabaya

Apabila pengendara menghiraukan alarm tersebut dan membawa mobil dengan kecepatan di atas 10km/jam, maka alarm akan makin nyaring suaranya dan lampu peringatan menyala. Itu dikarenakan pintu belum tertutup sempurna.

Kia Sebar Gambar Sedan Kompak Terbaru, Siap Rilis Minggu Depan

Pabrikan asal Korea Selatan itu akhirnya menarik 2.956 unit Kia Carnival di Amerika. Mobil yang kena recall, yang diproduksi antara tanggal 28 Juli hingga 14 Oktober 2021.

Kia meminta konsumen untuk membawa mobilnya ke bengkel resmi sejak 16 Desember 2021. Nantinya, perangkat pada kerusakan itu akan diganti dengan yang baru dan sudah memenuhi standar keamanan.

Ini jadi kedua kalinya Kia Carvinal harus ditarik dari para pemiliknya. Sebelumnya di Amerika, Kia melakukan recall sebanyak 2.744 unit Kia Carnival karena adanya kerusakan pada bagian fuel rail tube.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya