Bridgestone Punya Ban Khusus untuk Kendaraan di Bulan, Begini Wujudnya

Ilustrasi Mobil di Bulan.
Ilustrasi Mobil di Bulan.
Sumber :
  • Bridgestone.

VIVA – Baru-baru ini, PT Bridgestone Tire Indonesia mengundang sejumlah wartawan ke pabrik mereka yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat untuk sekadar bersilaturahmi dan merayakan hari jadi perusahaan yang ke-45 tahun.

Menariknya, di sela-sela acara, Bridgestone Indonesia turut mengenalkan ban unik yang dikhususkan untuk kendaraan di bulan, yakni Lunar Rover. Berbeda dengan ban biasa, komponen penggerak tersebut bukan bermaterial karet, melainkan full metal yang mampu beradaptasi di suhu -170 hingga 120 derajat celcius.

Selain itu, ban tersebut juga diklaim mampu menahan radiasi sinar kosmik dengan energi tinggi. Bridgestone menerangkan, seandainya Lunar Rover dibuat layaknya ban di bumi, maka komponen tersebut akan cepat rusak dan tak bisa berfungsi dengan baik.

Ban Bridgestone Lunar Rover.

Ban Bridgestone Lunar Rover.

Photo :
  • Bridgestone.

Menariknya, Lunar Rover menganut konsep ban ganda layaknya truk besar yang kerap kita temukan di jalan raya. Sehingga, ada dua ban yang terpasang di masing-masing roda. Hal tersebut dilakukan, agar kendaraan mampu menerjang permukaan bulan yang penuh regolith atau endapan pasir yang sangat halus.

Bukan hanya itu, tekanan udara di bulan yang berbeda dengan bumi juga membuat Bridgestone harus melakukan penyesuaian terhadap Lunar Rover. Itulah mengapa, ban tersebut dibuat dengan konstruksi kerangka yang elastis. Sehingga, meskipun bermaterial keras, namun tetap bisa ditekuk secara fleksibel.

Menurut keterangan Bridgestone, seandainya Lunar Rover tak menganut konsep ban ganda, maka ban tersebut kemungkinan besar akan tenggelam di pasir, dan tak bisa berputar sempurna.