Bengong Lihat Konsumsi BBM Daihatsu Xenia Baru

Test drive Daihatsu All New Xenia di Jawa Tengah
Sumber :
  • Dok: ADM

VIVA – Daihatsu resmi memperkenalkan Xenia baru di ajang GIIAS 2021, yang digelar belum lama ini di Tangerang. Mobil keluarga itu hadir dengan tampilan yang lebih modern dan sporty, serta dibekali banyak fitur masa kini.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Secara dimensi, generasi ke-3 dari low multi purpose vehicle atau LMPV andalan perusahaan asal Jepang tersebut sedikit lebih panjang dan lebar, namun tingginya lebih rendah demi mengurangi hambatan angin.

Mobil ini hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.300cc yang jarak terendah dari tanahnya 195 milimeter dan 1.500cc dengan ground clearance 205 mm. Keduanya hadir dalam pilihan transmisi manual serta otomatis.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Perbedaan dengan Xenia lama ada di bagian transmisi matiknya, di mana PT Astra Daihatsu Motor sebagai produsen menyematkan teknologi continuously variable transmission alias CVT yang halus perpindahan giginya.

Interior Daihatsu All New Xenia.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Executive Coordinator Technical Service Division ADM, Bambang Supriyadi mengatakan bahwa Xenia baru menjadi mobil kedua mereka yang memakai Daihatsu New Global Architecture atau DNGA.

DNGA merupakan platform terbaru Daihatsu, yang dikembangkan dengan memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien dan irit konsumsi BBM.

“All New Xenia merupakan DNGA kedua di Indonesia. Bodi dan sasis lebih kuat, rigid tapi lebih ringan,” ujarnya di sela-sela sesi media test drive di Jawa Tengah, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 4 Desember 2021.

Daihatsu All New Xenia.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Bicara soal efisiensi, Bambang menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pengujian tim riset dan pengembangan ADM di sirkuit internal dengan standar New European Driving Cycle atau NEDC, didapatkan data bahwa konsumsi BBM Xenia baru sebagai berikut:

Konsumsi BBM All New Xenia 1.3 CVT
Kecepatan konstan 60 km per jam: 29,9 km per liter
Kecepatan konstan 100 km per jam: 17,7 km per liter

Konsumsi BBM All New Xenia 1.5 CVT
Kecepatan konstan 60 km per jam: 29,3 km per liter
Kecepatan konstan 100 km per jam: 17,5 km per liter

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya