Kenali 4 Penyebab Oli Mobil Tiba-tiba Berkurang

Oli mobil
Sumber :
  • Suzuki Indonesia

VIVA – Oli memiliki perang sangat penting dalam sebuah mobil, dan seiring pemakaiannya oli pada mobil akan berkurang. Namun terjadang, oli mobil berkurang sendiri padahal pemakaian mobil tak rutin.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Oli bertugas melumasi, membersihkan, perapat celah, hingga menyerap panas mesin mobil. Volume oli pada mesin mobil harus sesuai dengan standar pabrikannya atau sesuai dengan rekomendasi agar sistem pelumasan tetap bekerja secara optimal.

Ketika sudah mengetahui tanda oli mobil kurang, lalu apa saja yang menyebabkan oli mobil tersebut berkurang? Simak beberapa penyebab oli mobil berkurang sebagai berikut, dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia.

Motul Luncurkan Oli yang Cocok dengan Karakter Mesin Kawasaki

1. Kebocoran Drain Plug

Penyebab oli mobil berkurang yang pertama yaitu adanya kebocoran pada drain plug. Drain plug merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk membuang oli yang berasal dari dalam mesin.

Ini Alasan Mengapa Oli Mesin Butuh Zat Tambahan atau Aditif

Komponen ini berbentuk baut yang dilengkapi dengan seal khusus untuk mencegah oli rembes. Kebocoran drain plug biasanya disebabkan karena lamanya usia mesin dan penggunaannya serta seringnya bongkar pasang ketika suhu mesin masih panas.

2. Kebocoran Carter atau Oil Pan

Carter sendiri berfungsi sebagai wadah oli yang digunakan untuk melumasi seluruh komponen mesin. Penyebab kebocoran carter biasanya terjadi di area sambungan. Sebaiknya, gunakan lem berkualitas untuk mengatasinya.

3. Penguapan Oli

Penguapan oli menyebabkan volume oli berkurang lebih cepat. Penguapan oli terjadi ketika kondisi suhu mesin tinggi atau mobil mengalami overheat dan sistem pendingin mesin yang tidak dapat bekerja secara optimal.

Kualitas oli yang kurang bagus atau tidak sesuai juga menjadi indikator penyebab penguapan oli sehingga oli lebih cepat habis. Sebaiknya sesuaikan kualitas oli yang digunakan dengan kapasitas mesin mobil kesayangan Anda.

4. Mesin Kurang Sehat

Selain penguapan oli, kondisi mesin yang kurang sehat juga menyebabkan oli mobil berkurang. Hal ini terjadi karena terdapat kerusakan beberapa komponen seperti kerusakan seal klep, ring piston, silinder mesin aus, hingga blok mesin retak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya