Tajir Melintir, Koleksi Mobil Dirut PLN yang Dicopot Erick Thohir

Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini.
Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini.
Sumber :
  • Dok. PLN

VIVA – Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Erick Thohir telah mencopot Zulkifli  Zaini sebagai Direktur Utama PT PLN, yang digantikan dengan Darmawan Prasodjo melalui Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS 2021.

“Bagaimanapun juga, jabatan yang diberikan kepada kita tidak lain sebuah amanah,” ujar Erick Thohir dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resminya, Senin 6 Desember 2021.

Mercedes-Benz S-Class dan E-Class di Pabrik Wanaherang.

Mercedes-Benz S-Class dan E-Class di Pabrik Wanaherang.

Photo :
  • PT MBDI.

Menurutnya pergantian Zulkifli Zaini yang menjabat sebagai Dirut PLN sejak Desember 2019 adalah hal biasa. Dia memimpin perusahaan yang melayani kebutuhan hidup seluruh masyarakat Indonesia dengan hati dan keikhlasan.

Namun di luar dari pergantian tersebut, hal yang menarik perhatian adalah harta kekayaan yang dimiliki Zulkifli Zaini, karena tergolong tajir melintir. Seperti yang terlihat dari LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara).

Tercatat pada periode Maret 2021, pundi-pundi yang dikantongi mantan Dirut perusahaan listrik milik negara itu mencapai Rp157,734 miliar. Dari angka tersebut, aset terbesarnya adalah surat berharga senilai Rp114,623 miliar.

Kemudian tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah nilainya Rp25,592 miliar. Sebagian kekayaannya juga disumbang dari koleksi kendaraan pribadi, Zulkifli hanya memiliki tiga unit mobil yang total harganya Rp1,630 miliar.