Kaget Lihat Koleksi Mobil Azis Syamsuddin yang Didakwa Suap

Azis Syamsuddin Bersaksi dalam Sidang Robin Maskur
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin didakwa menyuap Stepanus Robin Pattuju, yang kala itu menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebesar Rp3,09 miliar dan US$36 ribu. 

Eks Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Bebas Bersyarat

Suap tersebut diduga untuk menutup perkara dugaan suap pengurusan DAK Lampung Tengah tahun 2017. Pada kasus itu, KPK tengah mengusut dugaan keterlibatan Azis Syamsuddin dan politikus muda Partai Golkar, Aliza Gunado. Merespons surat dakwaan Jaksa, Azis mengaku menyerahkan penuh kepada penasihat hukumnya.

Besarnya nilai kasus suap, membuat publik penasaran akan harta kekayaan yang dimiliki oleh Azis Syamsuddin, tak terkecuali koleksi mobil yang terparkir di garasi rumahnya.

Raffi Ahmad Ngaku Punya 20 Mobil, Pusing Tiap Tahun Karena Hal Ini

Data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera, dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa 7 Desember 2021, harta kekayaan yang dimiliki oleh Azis Syamsuddin senilai Rp100.321.069.365.

Azis Syamsuddin Dijemput Paksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Roy Suryo Kembali Viral, Mobilnya Semua Mercedes-Benz

Dari data tersebut, Azis Syamsuddin juga menyisikan sebagian hartanya untuk dibelikan kendaraan mewah. Di dalam garasi rumahnya terparkir motor Harley-Davidson, Honda BeAT, dan 4 unit mobil mewah dengan total nilai Rp3,502 miliar.

Politikus lulusan Universitas Trisakti itu memiliki ketertarikan khusus dengan Toyota, karena semua mobil miliknya buatan brand asal Jepang tersebut. Diurutkan dari yang termurah adalah Kijang Innova buatan 2016 seharga Rp248 juta.

Artinya Kijang Innova tersebut adalah versi terbaru yang diluncurkan pada 2015 lalu. Ditawarkan dalam 10 varian dengan mesin diesel 2.400cc, dan bensin 2.000cc. Mobil tersebut dapat menampung 7 penumpang, dengan bagasi cukup luas.

Selain itu, Azis memilki dua unit Toyota Land Cruiser. Untuk tahun produksi 2008 harga yang tertulis Rp700 juta, sedangkan buatan 2016 nilainya Rp1,59 miliar. Artinya mobil berjenis Sport Utility Vehicle itu menjadi koleksi termahalnya.

Land Cruiser dipersenjatai mesin diesel 1 VD-FTV delapan silinder atau V8 berkapasitas 4.461cc DOHC, dan dilengkapi twin turbo. Sehingga tenaga yang disemburkan mencapai 235 daya kuda di 3.200 rpm dan torsinya 615 Newton meter.

Torsi besarnya tersebut didapat dari putaran bawah atau di 1.800-2.200 rpm, dan tenaganya disalurkan melalui transmisi matik tujuh percepatan triptonic keempat rodanya. SUV tersebut juga memiliki fitur yang dapat mengubah sensasi berkendara, yaitu Comfort Eco, Normal dan Sport S/S+. 

Lalu mobil keempatnya, Toyota Alphard lansiran 2018 seharga Rp780 juta. Memang tidak disebutkan tipenya, namun mobil itu termasuk mewah. Dibekali sejumlah fitur canggih, Alphard kerap dipilih publik figur sebagai kendaraan sehari-hari.

Dalam keadaan barunya, MPV dengan konfigurasi tujuh penumpang itu ditawarkan 3 varian dengan pilihan mesin bensin 2.500cc, dan 3.500cc.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya