Kaget Lihat Koleksi Mobil Azis Syamsuddin yang Didakwa Suap

Azis Syamsuddin Bersaksi dalam Sidang Robin Maskur
Azis Syamsuddin Bersaksi dalam Sidang Robin Maskur
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin didakwa menyuap Stepanus Robin Pattuju, yang kala itu menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebesar Rp3,09 miliar dan US$36 ribu. 

Suap tersebut diduga untuk menutup perkara dugaan suap pengurusan DAK Lampung Tengah tahun 2017. Pada kasus itu, KPK tengah mengusut dugaan keterlibatan Azis Syamsuddin dan politikus muda Partai Golkar, Aliza Gunado. Merespons surat dakwaan Jaksa, Azis mengaku menyerahkan penuh kepada penasihat hukumnya.

Besarnya nilai kasus suap, membuat publik penasaran akan harta kekayaan yang dimiliki oleh Azis Syamsuddin, tak terkecuali koleksi mobil yang terparkir di garasi rumahnya.

Data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera, dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa 7 Desember 2021, harta kekayaan yang dimiliki oleh Azis Syamsuddin senilai Rp100.321.069.365.

Azis Syamsuddin Dijemput Paksa KPK

Azis Syamsuddin Dijemput Paksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dari data tersebut, Azis Syamsuddin juga menyisikan sebagian hartanya untuk dibelikan kendaraan mewah. Di dalam garasi rumahnya terparkir motor Harley-Davidson, Honda BeAT, dan 4 unit mobil mewah dengan total nilai Rp3,502 miliar.

Politikus lulusan Universitas Trisakti itu memiliki ketertarikan khusus dengan Toyota, karena semua mobil miliknya buatan brand asal Jepang tersebut. Diurutkan dari yang termurah adalah Kijang Innova buatan 2016 seharga Rp248 juta.