Daftar Mobil Daihatsu Paling Irit di Indonesia

Daihatsu All New Xenia.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Daihatsu dikenal sebagai pabrikan otomotif, yang menawarkan mobil dengan harga terjangkau serta irit bahan bakar. Saat merancang satu model kendaraan, mereka memperhitungkan dengan detail hingga ke bobot satu gram.

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Tak heran, jika kemudian mobil-mobil Daihatsu dikenal hemat pemakaian bensinnya. Selain itu, mereka juga fokus pada biaya perawatan yang harus dikeluarkan oleh pemilik. Contohnya, seperti yang ada di All New Xenia

“Kami juga pikirkan soal servis. Pada All New Xenia, banyak yang kami ubah agar less adjusment,” ujar Executive Coordinator Technical Service Division ADM, Bambang Supriyadi belum lama ini, dikutip VIVA Otomotif Rabu 7 Desember 2021.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Bambang menjelaskan, jika dibandingkan dengan kompetitor maka biaya perawatan All New Xenia bisa lebih murah hingga jarak tempuh 100 ribu kilometer.

Daihatsu All New Xenia.

Photo :
  • Istimewa
Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

“Biaya perawatan sampai 100 ribu km lebih unggul. (Xenia baru) Rp8,4 juta, kalau yang sebelumnya Rp10 jutaan,” tuturnya.

Bambang menjelaskan, Xenia baru juga dibuat memakai platform Daihatsu New Global Architecture atau DNGA, sehingga bisa lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. Lantas, apa saja mobil mereka yang paling irit?

All New Xenia

Bicara soal efisiensi, Bambang menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pengujian tim riset dan pengembangan ADM di sirkuit internal, didapatkan data bahwa konsumsi BBM Xenia baru yakni mencapai 29,9 kilometer per liter untuk varian 1.300cc.

Test drive Daihatsu All New Xenia di Jawa Tengah

Photo :
  • Dok: ADM

Ayla

Saat sesi media test drive All New Xenia pekan lalu, Amelia sempat berbicara bahwa semua produk low cost green car atau LCGC aihatsu sudah mengikuti ketentuan terbaru dari pemerintah. Termasuk, syarat ambang batas emisi gas buang 100 gram per kilometer dan konsumsi bahan bakar 23 km per liter.

Daihatsu Ayla di GIIAS 2021.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Rocky

Menurut hasil pengujian tim ADM, Daihatsu Rocky yang juga dibuat menggunakan platform DNGA dan diperkenalkan perdana di Indonesia beberapa bulan lalu itu memiliki konsumsi bahan bakar 18 hingga 19 kilometer per liter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya