Deretan Alphard KW yang Pernah Dibuat China, Mirip-mirip Banget

Trumpchi GM18
Sumber :
  • Carnews China.

VIVA – Saat ini, kita mengenal Toyota Alphard sebagai mobil mewah yang kerap dikemudikan dan ditumpangi kaum jetset. Bahkan, ada kelakar di internet yang mengatakan, kendaraan tersebut merupakan lambang otentik dari kaum kaya di Indonesia.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Melalui penelusuran VIVA Otomotif di laman resmi Toyota Indonesia, dikutip Minggu 12 Desember 2021, Toyota Alphard dipasarkan mulai Rp1,1 sampai Rp1,5 miliaran, on the road Jakarta. Itulah mengapa, hanya kalangan tertentu saja yang mampu membeli unitnya.

Menariknya, sejumlah perusahaan China berhasil membuat mobil MPV tiruan yang tampilannya menyerupai Toyota Alphard. Hanya saja, kendaraan yang sebagian besar dijual di pasar domestik tersebut banderolnya jauh lebih murah. Bahkan, ada yang tak sampai separuhnya.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Biar tak penasaran, berikut kami hadirkan mobil-mobil China yang tampangnya menyerupai Toyota Alphard.

Trumpchi GM8

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Mobil buatan Guangzhou Auto (GAC) ini sepintas tampilannya menyerupai Alphard, terutama di bagian dimensi, serta gril berbahan krom yang dibuat cukup tegas. Selain itu, lampu depannya juga dirancang sama-sama memicing tajam.

Tak berhenti di situ, Trumpchi GM8 juga menggunakan pintu geser layaknya Alphard. Tapi menariknya, MPV China itu telah dipasangkan sunroof pada bagian atap, serta kursi captain seat yang nampak cukup mewah.

Sayangnya, secara tenaga, GM8 masih berada jauh di bawah Toyota Alphard. Sebab, mobil itu hanya menganut kapasitas mesin 2.000cc bertansmisi enam-percepatan DCT dengan muntahan tenaga maksimum 201 hp, sedang Alphard sendiri mengusung kapasitas 3.500cc untuk varian tertinggi yang tenaganya mencapai 296 hp.

Soal harga, Alphard KW itu dipasarkan mulai dari Rp300 jutaan.

MG G10

MG G10.

Photo :
  • Istimewa.

Perusahaan asal China, Morris Garage resmi mengenalkan generasi terbaru MG G10 yang diklaim lebih ramah lingkungan. Secara dimensi dan tampilan, mobil keluarga itu punya tampang mirip Toyota Alphard. Terutama, saat dilihat dari sudut samping.

Sedang pada bagian depan, MG G10 mengandalkan gril kecil yang dipasangkan sejajar dengan alis lampu. Di tengahnya tertanam emblem merek dengan kelir samar yang menyatu dengan tungkai-tungkai gril. Headlamp-nya sendiri dirancang memicing layaknya sorot mata yang sedang marah.

Soal dapur pacu, mobil bongsor itu tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.000cc turbocharged dan diesel 2.000cc turbocharged. Sedang untuk tenaga, mesin bensin bisa menghasilkan daya 224 PS dan torsi 345 Nm, sementara mesin diesel mampu memuntahkan daya 163 PS serta torsi puncak 374 Nm.

Pembekalan tersebut dikawinkan dengan transmisi manual dan otomatis 6-percepatan. Akan tetapi, tersedia pilihan otomatis 8-percepatan khusus untuk varian diesel.

Meski bertampang mewah, namun mobil yang sudah dipasarkan di Negeri Tirai Bambu itu hanya dihargai mulai dari Rp280 jutaan.

Doda V8

Doda V8.

Photo :
  • Carnews China.

Layaknya dua model sebelumnya, mobil ini punya tampilan bongsor khas Toyota Alphard. Pada bagian depan, Doda V8 punya gril tegas dengan headlamp yang cukup lebar. Sedang pintunya menggunakan jenis geser seperti kendaraan premium lainnya.

Menariknya, mobil kembaran Alphard ini menggunakan mesin milik Mitsubishi dengan kode 4G69. Kapasitasnya 2.378cc dengan muntahan tenaga 162 daya kuda dan torsi puncak 217 Nm.

Konsumen yang ingin membelinya, cukup menyiapkan dana Rp460 jutaan. Murah sekali, bukan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya