Komentar Valentino Rossi Ngebut Pakai Mobil Mahal

Valentino Rossi Ngebut Pakai Audi R8 LMS
Sumber :

VIVA – Setelah pensiun jadi pembalap MotoGP, Valentino Rossi sepertinya tidak bisa jauh dari dunia kompetisi. Buktinya The Doctor kembali ke lintasan balap untuk adu cepat.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Kali ini Valentino Rossi beraksi mengendarai mobil Audi R8 LMS GT3, pembalap asal Tavulia ini melakukan test privat di sirkuit Valencia untuk masuk ke tim W Racing Team (WRT), yang nantinya balapan di ajang GT World Challenge Eropa 2021.

Meskipun belum ada konfirmasi berapa catatan waktu yang dicapai, dan belum ada konfirmasi apakah Valentino Rossi bisa bergabung dengan tim WRT, namun bagi Valentino Rossi hal tersebut adalah petualangan baru, bahkan Valentino Rossi mengklaim dirinya mampu mencatatkan waktu di Valencia, sama seperti dirinya ketika balapan di MotoGP.

5 Mobil Ini harus Ganti Nama Usai Peluncuran Resmi

Namun meskipun baru tes, tapi mobil yang dikendarai Rossi memakai livery ciri khasnya, yakni menggunakan nomor 46 dengan warna abu-abu hitam. the Doctor mampu melahap 105 putaran di Valencia, dikutip VIVA Otomotif Selasa 14 Desember 2021.

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.

Photo :
  • instagram.com/valeyellow46/
Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Sebagai informasi, mobil yang mengusung mesin V10 ini disiapkan untuk musim balap 2022 atau tepat saat dimulainya homologasi baru untuk mobil kategori GT3.

Upgrade Audi R8 LMS ini memang jauh lebih besar dan signifikan dibanding versi 2019, yang lebih memfokuskan pada aerodinamika. Untuk R8 LMS ini, Audi menitikberatkan pembaruan pada lima area seperti, pengembangan aerodinamika yang terlihat dari beberapa komponen. Lalu sasis, mesin, sistem elektronik, serta optimalisasi sistem air conditioning alias AC.

Perubahan terbesar Audi R8 LMS terlihat pada sayap belakang, yang diklaim mampu memberikan gaya tekan (downforce) lebih besar. Audi ingin mencoba menghasilkan lebih banyak downforce pada bagian atas mobil.

Kontrol traksi juga diperbaiki sehingga tenaga bisa dialirkan lebih baik. Inilah salah satu kelemahan model sebelumnya (Evo I). Nantinya, kontrol traksi ini bisa dinonaktifkan saat grip sudah tinggi, misalnya di kualifikasi.

Pada sasis, Audi untuk kali pertama memakai peredam (damper) empat arah yang bisa disetel. Rebound dan kompresi dibagi menjadi cepat (bump) dan lambat (distribusi beban tergantung kondisi berkendara, misal untuk pergerakan roll and pitch).

Semua perubahan pada Audi R8 LMS Evo II ini, tujuannya agar mobil mengalami peningkatan dari kebanyakan mobil spesifikasi GT3 saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya