Banyak Mobil China yang Siap Geruduk Indonesia Tahun Depan

Mobil listrik BYD E6
Sumber :
  • Insideevs

VIVA – Indonesia menjadi salah satu negara dengan penjualan kendaraan terbesar di kawasan Asia Tenggara, tidak heran jika beberapa brand otomotif berbondong-bondong ingin mengadu nasib dengan produk yang mereka punya.

Pengakuan Sales yang Mobil Jualannya Ditabrakkan Anak Kecil di Mall

Sejumlah brand asal Jepang masih menguasai pasar otomotif dalam negeri, seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, dan Honda. Sedangkan kelas premium ada dua nama yang masih mendominasi, yaitu BMW, dan Mercedes-Benz.

Meski memiliki pangsa pasar yang menjanjikan, dan pertumbuhan ekomoni yang pesat namun ada beberapa merek mobil yang tidak beruntung di Indonesia, hingga akhirnya pulang kampung alias gulung tikar.

Viral Bocah Tabrakkan Mobil Listrik Chery di Dalam Mall, Netizen: Alhamdulillah SPK

Salah satunya mobil China, yakni Chery yang sempat meramaikan pasar Tanah Air beberapa tahun silam, dan akhirnya gugur di tengah jalan. Namun tidak ada kata kapok untuk kembali menjajakan produknya.

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Kukuh Kumara mengatakan, ada dua brand mobil asal China yang siap meramaikan industri otomotif Tanah Air, dengan produk-produk unggulannya.

Terpopuler: Mobil Futuristik BYD, Viral Honda HR-V Bikin Macet

Diketahui dua brand yang dimaksud adalah Chery dan BYD. Namun dalam waktu dekat, Chery akan lebih dulu muncul ke publik, dan resmi memperkenalkan diri di pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2022.

“Yang sudah siap adalah Chery karena mereka ada permbicaraan sebelumnya,” ujar Kukuh Kumara dalam acara virtual yang digelar Forum Wartawan Otomotif, dikutip Jumat 24 Desember 2021.

Sementara BYD masih membutuhkan waktu untuk bersaing di industri otomotif Tanah Air. Jenama asal Tiongkok itu berjanji akan mendirikan pabrik produksi terlebih dahulu. Sehingga mobil yang dijualnya nanti sudah dibuat lokal.

“BYD juga sudah memiliki niat yang bulat untuk masuk ke Indonesia untuk produksi,” tuturnya.

Meski belum resmi menancapkan kuku bisnisnya di dalam negeri, namun mobil listrik BYD E6 sudah lebih dulu digunakan sebagai armada taksi Blue Bird sejak beberapa tahun lalu. Bahkan bus pelahap seterumnya juga dilirik Bakrie Autoparts.

Sebagai informasi, melalui Instagaram resmi Chery Motor Indonesia akan membawa beberapa produk andalannya, untuk jenis SUV atau Sport Utility Vehicle ada Tiggo 8 Pro, Tiggo 7 Pro, dan Tiggo 4 Pro. Sedangkan untuk versi mobil listriknya adalah EQ1. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya