Viral Mobil Ambulans Terhalang Konvoi VVIP

Ambulans terhalang konvoi VVIP
Sumber :
  • Tangkapan layar Twitter @syzwnrose

VIVA – Sampai saat ini masih banyak yang belum paham soal hak prioritas di jalan raya, di mana ada kendaraan tertentu yang wajib diberikan ruang untuk melintas supaya perjalanannya lancar.

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

Mobil pemadam kebakaran menjadi urutan pertama yang harus diberi jalan, karena sifatnya yang darurat. Hal ini diterapkan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Kendaraan yang ada di urutan dua yang mendapatkan hak prioritas di jalan adalah ambulans, kemudian diikuti oleh mobil yang digunakan untuk memberi pertolongan darurat saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Berikutnya yakni kendaraan yang digunakan oleh pemimpin negara.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 24 April 2024

Pencurian mobil ambulans di AS

Photo :
  • Tangkapan layar

Meski aturannya sudah jelas, sayangnya ada saja yang masih tidak mematuhi ketentuan tersebut. Bahkan, baru-baru ini ada peristiwa di mana mobil ambulans terhalang oleh iring-iringan kepala negara.

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Thevibes, Kamis 30 Desember 2021, peristiwa tersebut terjadi di Selangor, Malaysia. Iring-iringan kendaraan VVIP yang melintas merupakan rombongan Perdana Menteri Malaysia, Datuk Sri Ismail Sabri Yaakob yang baru saja dilantik beberapa bulan lalu.

Dalam video yang diunggah di Twitter oleh pemilik akun @syzwnrose, terlihat ambulans tersebut harus berhenti di belakang mobil SUV berkelir putih yang disetop oleh petugas supaya memberi ruang pada rombongan untuk lewat tanpa hambatan.

Nyawa boleh tunggu, VIP jalan dulu,” tulis sang pemilik akun.

Video tersebut kemudian menjadi viral di media sosial, dan langsung mendapat respons dari pemerintah setempat. Mereka mengatakan, bahwa memang benar ada ambulans yang disetop untuk memberi prioritas pada konvoi PM Yaakob.

“Mobil SUV dan ambulans memang sengaja disetop, karena jika dibiarkan melintas bisa berisiko menimbulkan gangguan dan kecelakaan,” ujar Chief Selangor Traffic Investigation and Enforcement Department, Azman Shariat.

Azman juga menegaskan, ambulans tersebut tidak sedang membawa maupun menjemput pasien dan lampu rotator beserta sirine kondisinya tidak aktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya