Saingi Tesla, Mobil Listrik China Bakal Ditanamkan Chip NVIDIA

Nio ET7. Foto: The Verge.
Sumber :
  • The Verge.

VIVA – Sejak dua tahun terakhir, sejumlah merek mobil asal China mulai fokus mengembangkan kendaraan listrik berteknologi canggih. Bahkan, sebagian ada yang terang-terangan mengaku, siap merusak pasar yang belakangan dikuasai Tesla.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Menghadapi Tesla di pasar mobil listrik tentu bukan pekerjaan mudah. Sebab, ada sejumlah hal yang harus dimiliki suatu kendaraan, mulai dari fitur unggulan, mesin bertenaga, hingga banderol yang kompetitif.

Menariknya, baru-baru ini, sejumlah merek otomotif asal China, seperti Polestar, Xpeng, NIO, IM Motors, Li Auto dan R Auto telah membuat kesepakatan dengan NVIDIA untuk menggunakan chip canggih buatan mereka. Komponen tersebut nantinya ditujukan untuk menunjang teknologi dan fitur otonom di kendaraan.

Tesla PHK 10 Persen Karyawan di Seluruh Dunia

Nio ET5.

Photo :
  • Motor1.

Kecanggihan chip buatan NVIDIA telah teruji di mobil Xpeng X7. Bahkan, berkat teknologi tersebut, sistem otonomnya berjalan lebih baik dan maksimal dibandingkan mobil-mobil besutan Tesla.

5 Negara yang Punya Utang Paling Besar ke China

Disitat VIVA Otomotif dari Reuters, Rabu 5 Januari 2022, pada konferensi teknologi CES 2022, perwakilan NVIDIA juga menyebutkan, ada banyak perusahaan nonotomotif asal China yang telah menghubungi pihaknya untuk menggunakan chip buatan mereka.

Nio ET5.

Photo :
  • Motor1.

Kendati demikian, NVIDIA harus memikirkan situasi politik antara AS dan China. Lebih lagi, teknologi yang digagas perusahaan itu memungkinkan adanya pertukaran data pengguna otomotif di Negeri Tirai Bambu, misalnya pada sistem mengemudi otonom.

Kabarnya, untuk mencegah hal tersebut terjadi, NVIDIA menggunakan mitra China dan pusat data setempat untuk memastikan data yang digunakan pada sistem kecerdasan buatan (AI) tetap berada di China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya