Toyota Avanza Baru Buatan RI Meluncur di Negara Lain Bulan Depan

All New Toyota Avanza
Sumber :
  • Toyota Auto2000

VIVA – Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan All New Avanza dan All New Veloz pada November 2021. Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle itu diproduksi di dalam negeri menggunakan komponen lokal.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Kedua model itu diproduksi di pabrik berbeda, Toyota Avanza baru dibuat PT Astra Daihatsu Motor bersama dengan All New Xenia, sedangkan Veloz terbaru dilahirkan di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Toyota Avanza dan Veloz generasi baru mendapatkan perubahan signifikan dari versi sebelumnya setelah berumur 10 tahun. Mendapatkan julukan mobil sejuta umat, kedua Low MPV itu bukan hanya dijual di dalam negeri.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Avanza-Veloz Thailand

Pasalnya mobil buatan anak bangsa itu akan diekspor ke sejumlah negara di dunia, salah satunya Thailand. Informasi tersebut diberitakan beberapa media luar, seperti halnya headlightmag.com, dikutip Viva Otomotif, Minggu 9 Januari 2022.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Avanza-Xenia terbaru kabarnya akan meluncur di negeri gajah putih pada Februari 2022. Didatangkan utuh dari Indonesia melalui pajak impor nol persen AFTA (Asean Free Trade Area) atau dikenal kawasan perdagangan bebas.

Namun tidak ada informasi, Avanza atau Veloz yang di ekspor. Begitu juga dengan spesifikasinya, namun diduga akan serupa dengan pasar Indonesia, di mana fitur-fitur canggih seperti TSS (Toyota Safety Sense) akan disematkan.

Avanza-Veloz baru ditawarkan dua pilihan mesin bensin empat silinder. Yang pertama berkapasitas 1.329cc berkode 1NR-VE dengan teknologi dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dapat disemburkan 98 PS dan torsi 121,6 Nm. 

Kemudian mesin keduanya berkapasitas 1.496cc dengan kode 2NR-VE atau seperti Sienta yang dapat menyemburkan tenaga 106 PS dan torsi 137,2 Nm. Pilihan transmisinya manual 5-percepatan, dan matik CVT 7-percepatan.

Memiliki kapasitas tujuh penumpang, kedua mobil small MPV itu berpenggerak roda depan dengan platform baru. Sebelumnya mobil dengan julukan sejuta umat itu bertahun-tahun mengandalkan penggerak belakang.

Perubahan besar juga terjadi pada sistem transmisi matiknya yang sudah mengadopsi CVT atau Continuosly Varible Transmission. Sehingga perpindahan gigi lebih halus dibandingkan versi konvensional.

Avanza-Veloz baru memiliki tampilan yang lebih agresif dan elegan. Desain eksteriornya berubah total dibandingkan generasi kedua yang hadir pada 2011 silam. Begitu pun pada bagian interior yang menjadi lebih mewah.

Sistem hiburan kedua mobil tersebut mengandalkan head unit layar sentuh model floating, kemudian fitur baru yang menarik perhatian adalah rem parkir elektrik, serta panel klaster yang sudah digital penuh warna alias TFT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya